Inilah Situs-Situs Warisan Dunia di Ukraina



Ukraina adalah sebuah negara yang berada di Eropa Timur. Negeri ini berbatasan dengan Rusia, Belarus, Slowakia, Hungaria, Polandia, Rumania, dan Moldavia. Ukraina mempunyai ibukota di kota Kiev.

Di antara negara-negara di Eropa, Ukraina ini termasuk didalam jajaran negara paling indah sehingga banyak dikunjungi oleh para turis. Bahkan, berdasarkan rangking yang dikeluarkan oleh badan turisme dunia yaitu World Tourism Organization, Ukraina sendiri menduduki peringkat ke-8 yang paling banyak dikunjungi para turis.

Selain kaya dengan keindahan alamnya, Ukraina juga kaya dengan berbgai situs-situs sejarah warisan dunia. Apa saja situs sejarah warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO?

1. Wooden Tserkvas di Carpathian

Wooden tserkvas

Wooden tserkvas artinya adalah bangunan gereja dari kayu. Gereja-gereja tua dari kayu yang sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO ini berada di pegunungan Carpathian. Gereja-gereja ini dibangun di abad ke-16 dan ke-19 oleh penganut agama Katolik Ortodoks dan juga Katolik Yunani.

Melihat bantuk bangunannya, kita akan menyangka bahwa bangunan ini sebuah masjid karena mempunyai menara dan kubah. Pada setiap gereja biasanya dilengkapi dengan menara lonceng, halaman gereja yang luas, pos jaga, dan juga adanya makam. Jumlah gereja tua di daerah ini ada 16 (enam belas) bangunan. Sebanyak 13 (tiga belas) bangunan masih digunakan dan tiga lainnya, yakni Radruz, Roharyn, dan Drohobych, sudah dijadikan museum.

2. Chersonesos, "Pompeii-nya Ukraina"

Reruntuhan kota tua Chersonesos

Chersonesos merupakan sebuah situs reruntuhan kota tua, sisa peradaban dari Yunani kuno sekitar 2500 tahun yang lalu. Berada  di daerah pantai Laut Hitam, yaitu tepatnya di pinggiran kota Sevastopol, bagian barat daya Semenanjung Krimea. Chersonesos ini juga dijuluki dengan "Ukraina Pompeii" dan "Troy Rusia".

Reruntuhan dari kota tua ini meliputi area seluas 30 hektar. Kota ini dilindungi oleh tembok raksasa untuk pertahanan dengan panjang 3,5 km, lebar 4 meter, serta tinggi 10 meter. Situs Chersonesos ini menyisakan kebasaran dari kota tua, seperti adanya amphitheater Romawi, sebuah kuil Yunani, daerah pertanian, makam, dan lainnya.

3. Kota Tua Lviv

Kota Tua Lviv

Kota tua Lviv dicatat oleh UNESCO sebagai warisan dunia karena mempunyai banyak sekali bangunan bersejarah dengan arsitektur yang sangat unik dan masih terpelihara hingga sekarang. Tidak heran Lviv menjadi pusat kebudayaan Ukraina. Di sini ada sekitar 2.007 bangunan bersejarah. Seperti, kompleks gereja, kastil, katedral, gedung kesenian, tugu, pasar, benteng, biara, dan lainnya. Lviv didalam bahasa Ukraina artinya adalah Kota Singa. Kota ini didirikan di abad ke-13.

4. Kyev Pechersk Lavra

Kyev Pechersk Lavra (Gua Biara) di Kyev

Didalam bahasa Ukraina, kata pechera artinya gua, sedangkan lavra artinya biara. Sehingga tempat ini dapat diterjemahkan sebagai Gua Biara di kota Kyev. Kyev merupakan ibu kota Ukraina. Kyev Pechersk Lavra mempunyai sitem bangunan bawah tanah yang rumit. Seperti lorong-lorong, koridor, kapel atau gereja kecil, kamar tidur, tempat makam, dan lain sebagainya.

Kompleks biara ini dibangun di Gunung Berestov di awal abad ke-11 oleh Anthony, yaitu seorang biarawan Ortodoks. Di kompleks ini terdapat sebuah bangunan bersejarah, seperti gereja, katedral, monumen, makam, bell tower (manara lonceng), museum, dan lainnya.
Suka artikel berjudul Inilah Situs-Situs Warisan Dunia di Ukraina, Yuk bagikan ke: