Jenang Krasikan, Makanan Khas Purworejo Jawa Tengah

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Jenang krasikan namanya, makanan khas dari Purworejo yang satu ini berbeda dengan jenang pada umumnya. Jenang didalam bahasa Jawa memiliki arti bubur, tetapi jenang yang satu ini tidak berbentuk bubur dan lebih mirip dodol dengan tekstur yang sedikit lebih lembut.

Jenang krasikan ini terbuat dari bahan utama beras ketan serta gula merah. Tambahan santan dan juga sedikit garam membuat krasikan ini terasa begitu nikmat. Teksturnya yang lembut, akan membuat kudapan yang satu ini terasa seperti lumer ketika berada di mulut. Rasa manis yang ada di jenang krasikan ini tidak akan membuat kita eneg. Bahkan, bagi Anda penggemar dodol, mencoba jenang krasikan ini menjadi pilihan yang menarik dan juga menyenangkan.

Jenang krasikan

Umumnya jenang krasikan ini dijual dengan potongan-potongan kecil yang dibungkus dengan menggunakan plastik tipis. Potongan-potongan kecil ini lalu dikemas kedalam sebuah wadah. Harga kudapan ini juga relatif terjangkau, umumnya jenang krasikan dijual dengan harga Rp20.000 sampai Rp40.000 tergantung dari besar kecilnya dan tingkat ketebalannya.

Menariknya, memasuki musim lebaran, jenang krasikan ini banyak dijajakan oleh para pedagang-pedagang makanan kecil. Kudapan khas satu ini menjadi salah satu makanan yang sering disajikan ketika berkumpul bersama dengan keluarga di rumah.

Untuk mendapatkan jenang krasikan ini tidaklah begitu sulit. Kudapan ini bisa ditemukan di pusat oleh-oleh maupun di pasar-pasar tradisional di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kudapan satu ini juga menjadi salah satu oleh-oleh yang sering dibeli oleh wisatawan untuk kerabat mereka di rumah.

No comments: