Keindahan Gunung Dempo di Provinsi Sumatera Selatan

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Indonesia selain mempunyai keseluruhan garis pantai yang panjang, juga mempunyai beraneka ragam gunung dengan berbagai karakteristik yang sangat menarik. Gunung-gunung tersebut tidak jarang menjadi salah satu tujuan wisata di saat waktu musim liburan tiba. Mengingat selain mempunyai pemandangan alam yang indah dan juga udara yang sejuk, daerah pegunungan juga dianggap sebagai tempat yang tepat untuk memperkenalkan anak dengan alam, sehingga akan memupuk sikap bertanggung jawab serta cinta kepada tanah airnya.

Gunung Dempo merupakan puncak tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan yang berada di Kabupaten Pagaralam. Dari pusat Kota Palembang untuk sampai di kawasan pegunungan ini dapat menempuh jarak sekitar kurang lebih 300 km, atau menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 8 jam perjalanan melewati Kabupaten Prabumulih dan Lahat.

Suasana di sekitar Gunung Dempo

Kaki Gunung Dempo menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, Tidak heran jika pada saat memasuki waktu akhir pekan dan waktu liburan tiba, tempat satu ini menjadi salah satu tempat favorit wisata alam di Provinsi Sumatera Selatan. Apalagi di lokasi wisata ini sudah banyak ditemukan berbagai fasilitas penunjang wisata, seperti tempat penginapan dengan berbagai fasilitas sampai pusat belanja oleh-oleh.

Banyak kegiatan wisata yang dapat dilakukan di kawasan Kaki Gunung Dempo ini, salah satunya adalah melihat hamparan Kebun Teh Pagaralam dari dekat. Selain itu, kegiatan menarik lainnya yang dapat dilakukan adalah mengunjungi hamparan perkebunan warga. Jika sedang musim panen, para wisatawan bisa membeli berbagai buah dan sayuran yang masih segar langsung dari petaninya.

Wisatawan yang berkunjung ke kawasan Kaki Gunung Dempo ini biasanya lebih memilih untuk menginap, pasalnya Gunung Dempo memiliki pemandangan matahari terbit yang sangat menawan. Itulah salah satu yang membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di tempat ini, apalagi jika ditemani dengan secangkir kopi robusta khas dari Pagaralam yang terkenal kenikmatannya.

No comments: