Kerajinan Batu Satam Bangka Belitung

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Jila anda pernah berkunjung ke Pulau Belitung, mungkin anda pernah melihat batu yang satu ini. Batu satam namanya. Konon, menurut cerita, batu satu ini merupakan serpihan batu meteor yang jatuh di salah satu pulau dengan pantai yang sangat terindah ini.

Salah satu perajin batu satam yang bernama Asriyanto bercerita, bahwa batu ini berasal dari luar angkasa. Ribuan tahun yang lalu, sebuah meteor meledak serta sepihan-sepihan kecil yang jatuh ke bumi menyebar ke beberapa daerah seperti di Australia, Cekoslowakia, dan juga di Pulau Belitung.

Kerajinan Batu Satam

Batu satam terbenam di dalam tanah selama bertahun-tahun lamanya. Sampai kemudian, dalam kurun waktu yang panjang, aliran air membuat guratan-guratan yang sangat indah. Guratan-guratan indah yang dimilikinya yang membuat batu berwarna hitam pekat ini selalu banyak dijadikan hiasan untuk dipasangkan di perhiasan emas seperti cincin, kalung, dan juga anting.

Keindahan batu satam ini telah menyebar sampai ke luar negeri. Karenanya, batu ini menjadi buruan para wisatawan saat berkunjung ke Pulau Belitung dan menjadi cendera mata khas dari negeri Laskar Pelangi.

No comments: