Makam Sultan Iskandar Muda di Aceh

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Banyak situs bersejarah peninggalan dari Kesultanan Aceh hancur selama perang melawan Hindia-Belanda. Beberapa situs diantaranya adalah makam dari Sultan Iskandar Muda dan juga anggota keluarganya, yakni Putri Kamaliah dari Pahang (Putroe Phang), Sultanah Safiatuddin Tajul Alam serta Puteri Sendi Ratna Indera.

Makam-makam tersebut hilang tanpa meninggalkan jejak dan untuk memutus keterikatan masyarakat Aceh dengan sejarah puncak kejayaan mereka dimasa Iskandar Muda. Setelah hilang selama ratusan tahun lamanya, Makam Sultan Iskandar Muda yang sudah berusia tiga abad akhirnya berhasil ditemukan dan lalu dipugar kembali.

Suasana di Makam Sultan Iskandar Muda

Adalah Pocut Meurah, yaitu istri dari Sultan Mahmud Syah yang membantu dalam menguak misteri mengenai lokasi makam Sultan Iskandar Muda yang hilang. Pocut Meurah sendiri sering berziarah ke makam Sultan yang terletak di Komplek Kandang Mas yang sempat dihancurkan oleh Belanda.

Ia mengingat dengan baik bahwa posisi dari makam Sultan berada tepat 44 langkah dari tepi sungai Krueng Daroy. Lokasi makam Sultan pada saat ini berada tepat disamping Meuligoe Aceh, yaitu tempat kediaman dari Gubernur Aceh.

No comments: