Masjid Agung Demak di Jawa Tengah



Demak selama ini dikenal dengan sebutan kotanya santri dan memiliki sebuah bangunan bersejarah didalam perkembangan islam di Indonesia yaitu Masjid Agung Demak. Masjid ini dahulunya menjadi tempat berkumpulnya para wali songo untuk menyebarkan agama islam di Indonesia. Para ulama atau yang lebih dikenal dengan sebutan para wali, melakukan pembahasan guna menyebarkan agama islam disalah satu masjid tertua yang ada di Indonesia ini.

Masjid Agung Demak ini terbuat dari kayu jati yang ditopang oleh 4 (empat) buah tiang kayu raksasa atau saka guru. Konon keempat saka ini dibuat oleh para wali songo. Saka disebelah tenggara dibuat oleh Sunan Ampel, Sebelah barat daya dibuat oleh Sunan Gunung Jati, barat daya oleh Sunang Bonang seta sebelah timur laut merupakan sumbangan dari Sunan Kalijaga.

Saka yang dibuat oleh sunan Kalijaga berbeda dengan Sunan lainnya, potongan balok yang disusun kemudian diikat menjadikannya (saka tatal) berbeda dengan saka pada persembahan sunan-sunan lainnya. Pada serambi depan masjid ada 8 (delapan) buah tiang yang merupakan bangunan tambahan dari zaman Adipati Yunus (Pati Unus).

Suasana di Masjid Agung Demak

Serambi depan Masjid Agung Demak ini berbentuk bangunan terbuka dengan tiang-tiang ukiran yang mempunyai bentuk menarik sebagai penyangganya. Disana juga ada 2 (dua) bedug dengan ukuran 3,5 x 2,5 m. Masjid dengan arsitektur Indonesia yang khas ini mempunyai atap limas bersusun 3 (tiga) yang berbentuk segitiga sama kaki. Atap dari masjid berbentuk limas ini mempunyai makna yaitu bahwa seorang beriman perlu menapaki 3 (tiga) tingkatan penting didalam keberagamaannya, yaitu iman, islam, dan ihsan.

Bagian pintu masjid mempunyai 5 (lima) buah pintu yang bermakna rukun islam yakni syahadat, shalat, puasa, zakat dan haji. Sementara itu rukun iman tercermin dari jendela masjid yang mempunyai 6 (enam) buah jendela.

Dalam lingkungan masjid ada komplek makam para raja-raja Demak dan para abdinya. Makam Sultan Demak I (Raden Fatah) beserta dengan istri dan putranya juga berada didalam kawasan yang berada tepat di samping Masjid Agung Demak.

Suka artikel berjudul Masjid Agung Demak di Jawa Tengah, Yuk bagikan ke: