Masjid Kubah Emas di Depok Jawa Barat

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Memasuki masjid yang satu ini memang agak sedikit berbeda. Halaman yang luas dan juga bangunan masjid yang megah menjadikan masjid ini terlihat sangat berbeda dengan bangunan lainnya. Belum lagi kubah emas yang berada dibagian atas masjid menjadikan masjid ini terlihat begitu megah dan juga indah. Inilah Masjid Kubah Emas yang berdiri kokoh di kawasan Meruyung, Depok.

Masjid yang dikenal juga dengan nama Masjid Dian Al Mahri ini berada di area seluas sekitar kurang lebih 50 hektar. Luas bangunan masjid ini sendiri sekitar 800 meter dengan taman yang luas di sekelilingnya.

Memasuki area komplek Masjid Kubah Ema, para pengunjung akan melihat taman dengan pepohonan yang luas. Para pengunjung harus melalui jalan dikelilingi oleh taman yang beraneka jenis tanaman. Dari kejauhan, para pengunjung sudah disajikan kubah emas yang berwarna kuning menyala. Masjid ini mempunyai 5 kubah yang terdiri dari satu kubah utama dan 4 kubah kecil.

Begitu tiba di depan masjid, decak kagum telah terasa. Melihat pintu masuk masjid yang besar seperti halnya menyambut para pengunjung untuk segera memasuki masjid. Sebelum tiba di pintu masuk, para pengunjung harus menapaki beberapa buah anak tangga terlebih dahulu. Begitu sampai di pintu masuk masjid, kita akan melihat ruangan besar yang dilapisi sajadah tempat para pengunjung menunaikan ibadah shalat.

Suasana di Masjid Kubah Emas

Di bagian dalam masjid kita dapat melihat sebuah mimbar yang berlapiskan emas dan biasa dipakai untuk ceramah. Sementara tepat di bawah kubah masjid, para pengunjung dapat melihat pemandangan langit dengan awan-awan. Selain itu juga, di tengah-tengah ada sebuah bola lampu kristal yang mempunyai ukuran sangat besar. Lampu tersebut konon didatangkan langsung dari Italia dengan berat sekitar 8 ton.

Masjid Dian Al Mahri ini sendiri mulai dibangun sejak tahun 2001 dan kemudian selesai sekitar akhir tahun 2006. Masjid ini mulai dibuka untuk umum diakhir tahun 2006. Masjid ini dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jemaah dan bahkan konon Kawasan masjid ini sering disebut sebagai kawasan masjid termegah yang ada di Asia Tenggara.

Bagi anda yang ingin mengunjungi masjid ini, Anda dapat langsung menuju kawasan Meruyung di Depok. Biasanya saat memasuki akhir pekan, kawasan masjid ini padat oleh bis-bis para jamaah yang ingin berkunjung ke masjid berkubah emas pertama yang ada di Indonesia. Sedikit saran, sebaiknya mengunjungi masjid ini pada hari-hari kerja, dikarenakan relatif sepi dan anda dapat berkeliling mengagumi masjid dengan desain mewah ini.

No comments: