Mercusuar Cikoneng, Mercusuar Bersejarah di Provinsi Banten

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Mercusuar Cikoneng berada di Kampung Bojong, Desa Cikoneng, Anyer, Provinsi Banten. Dibalik tingginya yang menjulang, Mercusuar Anyer atau yang biasa disebut dengan Mercusuar Cikoneng ini ternyata mempunyai sejarah panjang dibalik pembangunannya.

Dibangun pada tahun 1885 oleh Belanda, konon dari sinilah titik 0 (nol) yang menjadi awal pembangunan jalan dari Anyer (Banten) sampai Panarukan, Jawa Timur.

Menara setinggi 75,5 meter ini terdiri dari 18 tingkat yang dihubungkan langsung dengan 286 anak tangga. Pada bagian puncaknya ada sebuah lampu yang berfungsi untuk penunjuk kapal-kapal yang melintasi perairan Laut Provinsi Banten bagian utara.

Menaiki anak tangga mercusuar bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ruangan yang hanya seluas 2,5 meter ini menjadi sesuatu yang harus dilewati bila ingin menuju puncak mercusuar. Apalagi semakin ke atas, ruangan disini akan semakin sempit.

Pada bagian puncak mercusuar, Anda akan disajikan beragam pemandangan yang indah. Mulai dari  menyaksikan lautan lepas, Jalan Raya Anyer sampai perbukitan yang hijau.

Suasana di Mercusuar Cikoneng

Pesona Mercusuar Cikoneng tidak hanya bangunannya saja yang menjulang tinggi. Namun menjelang sore hari, menjadi waktu yang pas untuk menikmati mercusuar. Dari sini kita bisa menyaksikan sang surya perlahan-lahan tenggelam di sebelah timur dengan warna-warna yang sangat cantik.

Bagi anda yang ingin sekali merasakan lebih lama lagi berada di mercusuar bersejarah ini, di sini juga ada sebuah penginapan untuk anda beristirahat sambil menikmati suasana indahnya pantai di sekitaran kawasan Anyer.

No comments: