Museum Kereta Keraton Yogyakarta



Jika anda ingin menambah wawasan mengenai sejarah dari kereta kuda Keraton Yogyakarta, Museum Kereta Keraton di Yogyakarta ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda kunjungi. Museum ini menyimpan berbagai macam kereta kuda Keraton Kesultanan Yogyakarta yang dipakai baik untuk kepentingan keraton maupun untuk kepentingan pribadi.

Museum yang sudah berdiri sejak masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono VII ini mempunyai berbagai kereta kuda yang umurnya sudah mencapai ratusan tahun seperti kereta Kyai Jongwiyat dan kereta Kyai Puspoko Manik. Selain itu, ada juga kereta Mondro Juwolo, yaitu kereta kuda yang pernah dipakai oleh Pangeran Diponegoro. Koleksi kereta-kereta di museum ini beberapa masih ada yang dipakai untuk kepentingan upacara-upacara kebesaran keraton.

Koleksi Museum Kereta Keraton Yogyakarta

Berkunjung ke Museum Kereta Keraton ini, anda akan disajikan berbagai macam bentuk kereta kuda kesultanan. Ada 3 (tiga) jenis kereta keraton yang disimpan di sini. Pertama yaitu kereta atap terbuka dan beroda dua. Kedua, kereta atap terbuka dan beroda empat. Dan yang terakhir, kereta atap tertutup dan beroda empat.

Setiap kereta di Museum Kereta Keraton ini menjadi benda pusaka milik keraton. Artinya, kereta-kereta ini akan mendapat sebuah penghormatan yang berupa sebuah ritual, yang biasa dikenal dengan nama jamasan. Jamasan yang dilakukan biasanya meliputi kegiatan memandikan, memberi makan dengan sesajian, dan mendoakan.

Ritual jamasan ini selalu diadakan pada Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon pertama setiap Bulan Suro (bulan dalam kalender Jawa). Jamasan diadakan didua tempat, yakni di Gedong Pusaka dan di Museum Kereta Keraton Yogyakarta.

Suka artikel berjudul Museum Kereta Keraton Yogyakarta, Yuk bagikan ke: