Museum Konferensi Asia Afrika Di Bandung Jawa Barat

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) beralamat di Jalan Asia Afrika no. 65, Bandung. Museum ini dibuka untuk umum dihari senin sampai kamis (8.00-15.30 WIB) dan pada hari Jumat (13.00-18.00 WIB). Di museum ini tersimpan berbagai koleksi foto dokumentasi sejarah seputar pelaksanaan KAA, informasi para tokoh-tokoh penggagas KAA, berbagai macam barang peninggalan KAA, kliping surat kabar tentang KAA dan juga Dasa Sila Bandung yang sudah diterjemahkan didalam berbagai bahasa.

Diorama orasi Presiden Soekarno

Museum ini dilengkapi dengan ruang audio visual sebagai sarana pemutaran film dokumenter tentang Konferensi Asia Afrika serta diorama orasi Presiden Soekarno ditengah para delegasi yang hadir. Tidak ketinggalan, disini kita dapat melihat secara langsung ruangan konferensi bersejarah yang menjadi tempat berlangsungnya dari prosesi pembukaan, sidang pleno dan juga penutupan dari Konferensi Asia Afrika.

Koleksi di Museum Konferensi Asia Afrika

Museum ini dahulu memang dipakai sebagai tempat digelarnya Konferensi Asia Afrika dan juga menjelang peringatannya yang ke 25 tahun, Menteri Luar Negeri pada saat itu, Mochtar Kusumaatmadja, mencetuskan gagasan untuk menjadikan Gedung Merdeka ini untuk dijadikan sebuah museum KAA.

Gagasan ini kemudian diwujudkan oleh Joop Ave, selaku ketua harian dari Panitia Peringatan 25 Tahun KAA yang bekerjasama dengan Departemen Penerangan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Jawa Barat dan juga UNPAD. Pada puncak peringatan, tanggal 24 April 1980, Presiden kedua Indonesia yakni Soeharto meresmikan pembukaan museum ini.

No comments: