Museum Purna Bhakti Pertiwi Di Jakarta



Di sisi depan gerbang utama kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), berdiri sebuah bangunan yang berbentuk seperti kumpulan kerucut. Bangunan tersebut adalah kompleks Museum Purna Bhakti Pertiwi. Kompleks museum ini beralamat di Jl.Taman Mini 1 dan statusnya berada di luar kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Museum ini menjadi salah satu alternatif tujuan wisata edukasi, khususnya untuk memperkenalkan kepada generasi muda tentang sejarah Indonesia pada era Orde Baru.

 Lukisan mantan Presiden Presiden Ke-2 Republik Indonesia

Museum ini memang didirikan dengan tujuan mengabadikan kiprah dari Presiden Ke-2 Republik Indonesia, Soeharto, didalam sejarah nasional. Di dalam museum ini, tersimpan berbagai macam peninggalan benda bersejarah milik dari Presiden Soeharto, sejak masa perang kemerdekaan sampai menjabat sebagai Presiden RI. Total, Museum Purna Bhakti Pertiwi ini menyimpan lebih dari 13.000 benda sejarah.

Museum Purna Bhakti Pertiwi ini didirikan atas prakarsa Ibu Tien Soeharto serta diresmikan bertepatan dengan ulang tahun dari Ibu Tien yang ke-70, yaitu pada tanggal 23 Agustus 1993. Bangunan museum ini menempati area seluas 25.095 meter dan dengan luas keseluruhan kawasan 19,7 hektar. Museum Purna Bhakti Pertiwi ini adalah salah satu museum yang dikelola oleh lembaga non-pemerintah, yakni berada di bawah Yayasan Purna Bhakti Pertiwi.

Arsitektur dari bangunan utama berupa sebuah kerucut besar yang dikelilingi oleh sembilan kerucut kecil. Di sekeliling bangunan utama, ada empat bangunan penunjang yang berbentuk kerucut berukuran sedang yang tepat berada diempat arah mata angin. Keempat dari bangunan tersebut tersambung ke bangunan utama dan masing-masing mempunyai fungsi yang berlainan. Bentuk kerucut merupakan adaptasi yang berasal dari bentuk nasi tumpeng, sebagai simbolisasi dari rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Berbagai macam koleksi Museum Purna Bhakti Pertiwi

Ruang utama museum ini berisi aneka jenis cendera mata dari berbagai pihak, seperti halnya dari para kepala negara asing dan diplomat. Salah satunya ialah patung Bali yang terbuat dari susunan koin Cina dan juga replika Peraduan Putri Cina yang terbuat dari batu jade atau giok. Selain itu juga, terdapat cendera mata yang berupa busana, keramik, kerajinan batu, beraneka jenis papan catur dari berbagai negara, kerajinan logam mulia, dan berbagai patung.

Ruangan di sisi barat adalah Ruang Perjuangan, yang berisikan relief perjalanan hidup dari Presiden Soeharto dari lahir sampai periode ke-5 menjabat sebagai seorang presiden. Ruang khusus yang berada di sebelah utara menyimpan berbagai tanda kehormatan, seperti bintang kehormatan, lencana, dan selendang. Selain kedua ruang tersebut, ada Ruang Asthabrata di sisi timur dan perpustakaan di sisi selatan.

Suka artikel berjudul Museum Purna Bhakti Pertiwi Di Jakarta, Yuk bagikan ke: