Museum Ranggawarsita Di Semarang Jawa Tengah



Pada saat memasuki Kota Semarang dari arah Jakarta, yaitu tepatnya di Bunderan Kalibanteng, kita akan melewati bangunan berbentuk joglo. Bangunan tersebut adalah Museum Jawa Tengah Ranggawarsita. Nama Ranggawarsita ini sendiri diambil dari nama seorang pujangga Keraton Surakarta Hadiningrat yang karya-karyanya telah dikenal luas oleh masyarakat Jawa.

Sejak berdiri tahun 1989, koleksi Museum Ranggawarsita ini terus bertambah. Saat ini, koleksi-koleksi Museum Ranggawarsita hingga mencapai 59.814. Sebagian dari koleksi tersebut dipajang di ruang pamer utama, selasar gedung, ruang karantina, ruang laboratorium perawatan koleksi, sementara sebagian lainnya disimpan di gudang.

Koleksi di Gedung A

Museum Ranggawarsita memiliki 4 (empat) gedung pameran yang masing-masing mempunyai koleksi berbeda. Pada gedung A menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan manusia di zaman batu, seperti batu-batuan dan fosil dari manusia purba. Sementara, Gedung B menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan masuknya agama Islam dan masa kolonial. Di sini, juga ada koleksi keramik dan batik, baik itu yang lokal maupun yang berasal dari Cina dan Eropa.

Koleksi di Gedung D

Berlanjut ke Gedung C yang menjadi ruangan khusus diorama. Di gedung C ini, anda dapat melihat 8 (delapan) diorama adegan bersejarah tentang perjuangan bangsa. Sementara yang terakhir, Gedung D, tersimpan berbagai macam benda kesenian, seperti kuda lumping, barongan, wayang, dan lain sebagainya.

Berbagai koleksi di Museum Ranggawarsita

Selain ruang pameran, Museum Ranggawarsita ini juga dilengkapi berbagai fasilitas. Terdapat perpustakaan yang menyimpan beragam buku budaya dan juga ilmu pengetahuan. Ruang audio visual yang didesain seperti halnya bioskop mini. Coin box yaitu kotak audio yang memperdengarkan cerita rakyat dari Provinsi Jawa Tengah. Ruang apresiasi juga disediakan khusus untuk dipakai dalam berbagai acara lomba, festival, dan juga pergelaran budaya. Selain itu, juga terdapat taman bermain, souvenir shop, serta auditorium serbaguna.

Jika museum pada umumnya tutup dihari Senin, Museum Ranggawarsita yang telah memiliki fasilitas dengan standar internasional ini tetap buka setiap hari, bahkan dihari libur nasional sekalipun.

Museum dibuka mulai jam 08.00 WIB sampai jam 15.00 WIB, kecuali hari Jumat yang buka hanya sampai dengan jam 11.00 WIB. Pada hari libur nasional, seperti HUT kemerdekaan RI, Museum Ranggawarsita ini biasanya memiliki agenda khusus untuk menampilkan berbagai macam atraksi kesenian yang bertujuan melestarikan nilai-nilai budaya.

Suka artikel berjudul Museum Ranggawarsita Di Semarang Jawa Tengah, Yuk bagikan ke: