Museum Tekstil Di Jakarta



Bila anda ingin merasakan bagaimana serunya membatik, mungkin sekali-kali anda harus berkunjung ke museum yang satu ini. Museum Tekstil namanya, di dalam museum ini selain anda dapat menemui macam-macam kain tradisional seperti kain batik, anda juga dapat membatik sendiri.

Di dalam museum ini anda juga dapat mempelajari sejarah dari perkembangan motif-motif kain tradisional dari masa ke masa. Museum yang beralamat di Jalan Aipda KS Tubun Nomor 4, Tanah Abang ini juga memajang peralatan batik dan juga tenun dari berbagai daerah di Indonesia.

Khusus bagi anda yang sangat suka akan rancangan kain tekstil dari para desainer terkenal, di museum ini juga terdapat koleksi tekstil karya dari beberapa desainer Indonesia.

Koleksi Museum Tekstil

Sebagai sebuah museum tekstil terbesar Indonesia, museum ini memiliki koleksi sekitar 1.000 kain tradisional dan dari semua koleksi kain, ada satu koleksi tertua yaitu bendera keraton Cirebon yang berupa batik tulis yang berhiaskan kaligrafi Arab dan juga terbuat dari kapas. Bendera ini merupakan peninggalan bersejarah dari tahun 1776 serta disakralkan oleh Istana Cirebon.

Suka artikel berjudul Museum Tekstil Di Jakarta, Yuk bagikan ke: