Museum Wayang Di Jakarta



Bila Anda penggemar wayang, mungkin museum wayang dapat menjadi tempat yang cocok untuk anda melihat koleksi-koleksi wayang dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Museum ini memang menyimpan berbagai macam koleksi yang berhubungan dengan pembuatan dan juga pertunjukan wayang.

Museum Wayang ini beralamat di Jalan Pintu Besar Utara No. 27 Jakarta Barat. Wayang-wayang yang selama ini telah dikenal oleh dimasyarakat seperti wayang kulit, golek, beber, wayang kardus, wayang kaca, wayang rumput, dan juga patung wayang menjadi koleksi museum ini.

Koleksi di Museum Wayang

Tidak hanya koleksi wayang dari dalam negeri, di Museum Wayang juga ditampilkan wayang-wayang dari beberapa negara asing seperti dari Suriname, China dan Thailand. Seluruh koleksi wayang di museum ini jumlahnya hingga mencapai 6000 buah. Sementara itu, koleksi wayang tertua yang ada di museum ini adalah wayang intan yang dibuat ditahun 1870 oleh Ki Guna Kerti Wanda.

Disamping memamerkan koleksi wayang, topeng, patung dan juga alat-alat musik tradisional, museum wayang mempunyai serangkaian event pendukung. Diantara event pendukung tersebut adalah pagelaran wayang yang rutin diadakan 4 (empat) kali dalam sebulan. Tujuannya adalah menarik minat para pengunjung untuk mengenal seni wayang lebih jauh. Disamping itu ada juga perhelatan Festival Wayang Indonesia yang rutin diadakan setiap tahun sejak tahun 2006.

Suasana di Museum Wayang

Museum Wayang diresmikan oleh Gubernur Jakarta, yang pada saat itu adalah Ali Sadikin pada tanggal 13 Agustus 1975. Area museum ini sendiri sempat mengalami perpindahan, dari yang sebelumnya terletak di sisi Timur Museum Sejarah Jakarta (saat ini Museum Fatahillah) ke sisi Barat. Kini, walaupun menempati gedung tua yang usianya telah ratusan tahun, tampilan interior museum ini mengalami banyak pembaharuan dalam menghilangkan kesan suram dan juga lebih menarik minat para pengunjung.

Suka artikel berjudul Museum Wayang Di Jakarta, Yuk bagikan ke: