Nasi Bakar Sumsum, Kuliner Khas Kota Serang Banten



Berbicara tentang nasi, hampir di seluruh Indonesia mengenal penganan yang satu ini sebagai makanan pokok. Termasuk di Serang, Provinsi Banten. Di Serang, terdapat sebuah makanan yang berbahan utama nasi yang terkenal nikmat dan juga enak, yakni nasi bakar sumsum.

Awal mula nasi bakar sumsum menjadi makanan khas di dari Serang terjadi pada tahun 1941. Pada saat itu tukang potong hewan yang bekerja di daerah Kota Serang, melihat sisa-sisa tulang yang mubazir untuk dibiarkan. Tulang tersebut kemudian dibawa pulang.

Ternyata tulang yang dibawanya menarik perhatian seorang pembeli untuk menggunakan tulang tersebut. Tulang itu kemudian dipecah-pecah untuk memudahkan penjualan. Pada bagian dalam tulang ada sumsum yang tidak terpakai sehingga dibuang oleh si tukang potong.

Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh sang istri. Ia mempunyai ide untuk memakai sumsum tersebut untuk dicampur ke dalam nasi dan lalu dibakar. Nasi yang sudah dicampur sumsum kemudian dibakar ini menjadi sajian makanan sehari-hari. Kebiasaan ini kemudian terdengar oleh para tetangga yang tertarik untuk mencicipinya. Kejadian ini terus berlangsung, sampai sang istri harus melabeli nasi bakar sumsumnya dengan harga dan menjualnya ke Kota Serang dengan memakai gerobak.

Nasi Bakar Sumsum Khas Serang

Tanpa disangka-sangka, nasi bakar sumsum buatannya disukai banyak masyarakat yang mencicipinya. Nasi Bakar Puri adalah salah satu penjual nasi bakar yang masih asli dan masih bertahan di Kota Serang. Satu porsi dari nasi bakar akan disuguhkan 2 (dua) nasi bakar yang gurih. kedai makanan ini berada di Jalan T.B. Buang, Pasar Lama. Masih memakai daun pisang sebagai pembungkus nasi, Nasi Bakar Puri ini merupakan bagian sejarah yang tidak dapat dilepaskan dari kuliner khas Kota Serang. Rasanya yang gurih dan juga lezat akan membuat lidah seperti dimanjakan dengan rasa khas dari nasi bakar sumsum.

Suka artikel berjudul Nasi Bakar Sumsum, Kuliner Khas Kota Serang Banten, Yuk bagikan ke: