Nasi Lengko, Makanan Khas Cirebon Jawa Barat

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Umumnya masyarakat di Indonesia mengenal nasi sebagai makanan pokok. Tidak mengherankan jika di berbagai daerah di Indonesia mempunyai aneka macam olahan nasi dengan ciri khas dan juga kenikmatan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Salah satu nasi yang paling terkenal mempunyai cita rasa yang nikmat adalah nasi lengko. Selain rasanya yang lezat, kuliner khas dari tanah para wali, Cirebon, Jawa Barat ini dipercaya mengandung nilai gizi yang sangat tinggi.

Nasi lengko atau yang biasa disebut masyarakat Cirebon dengan sebutan sega lengko merupakan perpaduan bahan utama nasi dengan berbagai macam sayuran dan lauk-pauk yang menyehatkan, seperti tempe goreng, tahu goreng, tauge, daun kucai, dan timun.

Selain dilengkapi dengan bahan-bahan yang menyehatkan, lezatnya nasi lengko juga berkat siraman saus kacang sebagai bumbu pelengkap. Kenikmatan saus kacang ini sangatlah berpengaruh di dalam menghasilkan nasi lengko yang lezat.

Proses Pembuatan Nasi Lengko

Nasi lengko secara umum mempuyai cita rasa yang gurih dan manis. Meskipun demikian, bagi para penikmat pedas, nasi lengko bisa ditambahkan dengan cabai supaya menghasilkan rasa pedas sesuai dengan selera anda. Belum lagi dengan tambahan taburan bawang goreng yang menghasilkan rasa nasi lengko menjadi begitu lengkap.

Mengunjungi Kota Cirebon belum lengkap rasanya bila belum mencicipi nasi lengko yang sehat dan juga lezat. Salah satu warung di Cirebon yang menjual nasi lengko yaitu warung nasi lengko milik H Barno.

Warung yang beralamatkan di Jalan Pangongan ini sudah buka sejak tahun 1968. Tidak mengherankan, jika di warung nasi lengko ini sangat populer di kalangan masyarakat Cirebon dan bahkan menjadi tempat yang kerap dikunjungi para penikmat kuliner nusantara.

No comments: