Pantai Matras di Bangka Belitung



Setelah terbitnya novel Laskar Pelangi karya dari Andrea Hirata, keindahan pantai-pantai eksotis yang ada di Kepulauan Bangka belitung ini mulai terkuak. Pantai-pantai yang kebanyakan dihiasi oleh bebatuan granit menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Apalagi berbagai pantai yang ada di kawasan ini belum banyak dijamahi, sehingga tampak masih alami, permai, dan bersih.

Pantai Matras ini merupakan salah satu pantai eksotis yang ada di provinsi dengan julukan Negeri Serumpun Selabai ini. Berada tidak jauh dari Kota Sungailiat, yaitu tepatnya di Desa Sinar Baru, Pantai Matras ini mudah dikunjungi lantaran akses jalan untuk menuju pantai ini sudah bagus dan juga mulus. Menuju ke lokasi pantai, para pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Pangkal Pinang atau menempuh jarak sekitar kurang lebih 20 kilometer ke arah utara melewati Kota Sungailiat.

Sama halnya dengan pantai lainnya yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, Pantai Matras ini juga mempunyai pasir pantai yang lembut, air yang jernih, dan juga bebatuan besar yang ada di sekitarnya. Panjang dari garis Pantai Matras mencapai hingga 3 (tiga) kilometer dengan kelebaran pantai dapat mencapai 30 meter di saat surut. Dengan ombak yang tidak terlalu besar, Pantai Matras ini banyak dikunjungi oleh anak-anak yang ingin menghabiskan waktu liburannya dengan cara berenang atau bermain air.

Suasana di Pantai Matras

Dengan harga tiket masuk Rp5.000 per-orang, para wisatawan sudah bisa menikmati suasana pantai yang permai ditemani nyiur melambai. Pemandangan Pantai Matras ini terkenal eksotis lantaran dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Selain dikelilingi oleh pegunungan dan batuan granit, sisi menarik di Pantai Matras juga terlihat dari pemandangan latar belakang pantainya yang hijau. Pada bagian belakang pantai dipenuhi dengan tumbuh-tumbuhan yang membuat suasana akan semakin sejuk.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Matras adalah memancing. Aktivitas tersebut biasanya dilakukan oleh muda-mudi saat menjelang sore hari sambil memandangi matahari terbenam. Lokasi memancing yang digunakan adalah batu granit besar yang ada di sisi barat pantai. Ikan yang menjadi target biasanya ikan hias yang hidup di sela-sela batu karang, seperti ikan kepekepe garis delapan.

Ketika meninggalkan pantai, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh bagi keluarga dan teman tercinta di rumah. Di sekitar pintu keluar pantai, ada banyak pedagang yang menjajakan makanan ringan serta souvenir khas dari Bangka Belitung. Bagi yang ingin berlama-lama di Pantai Matras, ada penginapan dengan harga sewa yang sangat bervariatif di sebelah barat dari pantai. Jarak dari pantai ini ke penginapan hanyalah sekitar 10 menit.

Suka artikel berjudul Pantai Matras di Bangka Belitung, Yuk bagikan ke: