Pasar Klewer, Wisata Belanja Batik di Solo Jawa Tengah

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Pasar yang satu ini telah terkenal sebagai tempat yang tepat guna mencari berbagai jenis batik dengan harga yang sangat murah. Inilah salah satu pasar yang ada di Solo, Jawa Tengah. Pasar Klewer namanya.

Pasar Klewer ini diresmikan pada tanggal 15 Mei 1969, yang diikuti dengan pembentukan sebuah organisasi para pedagang yang berjualan di pasar ini. Penamaan pasar ini sendiri diberikan oleh mantan Presiden Republik Indonesia, yaitu Soeharto. Saat itu, ketika pasar ini belum berdiri, para pedagang yang umumnya para wanita menyampirkan pakaian yang mereka jual di bahu. Ketika menawarkan kepada calon pembeli, pakaian-pakaian tersebut akan keleweran atau akan terlihat menjuntai serta terombang-ambing.

Pasar Klewer mempnyai luas sekitar 12.500 meter persegi. Di pasar yang terdiri dari 2 (dua) lantai ini, ada 2.075 kios yang menjual berbagai macam produk, mulai dari aneka batik, jeans, kemeja, keperluan pernikahan, pakaian anak-anak, sampai pakaian adat dari berbagai daerah.

Suasana di Pasar Klewer

Awal tahun 1980-an, para pengunjung dari luar daerah mulai ramai berdatangan dan berbelanja di pasar ini. Nama Pasar Klewer ini sebagai pusat penjualan batik pun kemudian menyebar ke berbagai daerah. Seiring dengan ramainya para pengunjung yang datang ke pasar ini, ditambahkan lagi dengan fasilitas Radio Gapuro. Radio ini menjadi sarana hiburan dan juga informasi semua orang yang berada di area Pasar Klewer ini.

Ada beberapa hal yang membuat para pengunjung senang dan juga kembali lagi berbelanja ke pasar ini. Pertama adalah dikarenakan harga barang-barang yang dijual di pasar ini terbilang sangat murah. Hal tersebut dimungkinkan karena mayoritas para pedagang di pasar ini juga mempunyai usaha konveksi. Sehingga, produk yang dijual merupakan produk yang mereka buat sendiri.

Hal lain yang membuat para pelanggan senang untuk berbelanja ke pasar ini adalah keramahtamahan para penjual. Bahkan, ada prinsip yang dipegang oleh para pedagang di sini, ora bati ora popo, ning bati paseduluran yang bisa diartikan tidak apa-apa jika tidak untung, yang penting menjalin persaudaraan. Atas dasar prinsip itulah, hubungan penjual-pembeli di sini tak sekadar hubungan bisnis, namun juga kekeluargaan. Prinsip itu juga yang membuat harga produk-produk yang dijual di pasar ini dapat murah. 

Sejak bulan November 2012, Pasar Klewer ini ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya yang ada di Kota Solo. Pasar ini beroperasi dari jam 07.30 WIB hingga jam 17.00 WIB. Jika sedang berada di Solo, sempatkanlah diri anda untuk berkunjung ke pasar ini bila sedang berada di Solo dan juga rasakan keramahtamahan para penjual yang ada di sini.

No comments: