Sentra Industri Kulit Sukaregang, Sentra Kerajinan Kulit di Garut



Ingin mempunyai jaket kulit berkualitas dengan harga murah? Datang aja ke sentra industri kulit Sukaregang di Garut, Provinsi Jawa barat. Jalan sepanjang 500 meter ini menawarkan berbagai macam barang berbahan dasar kulit asli yang memikat para pecinta wisata belanja.

Bermula ketika tahun 70-an, daerah Sukaregang ini hanya dihuni oleh beberapa perajin kulit. Namun, karena kualitas dan juga harga yang terjangkau, masyarakat pun kemudian memilih produk yang dihasilkan dari para perajin yang berada di Jalan Gagak Lumayang ini. Hal itu berimbas dengan semakin banyaknya para perajin yang membuka kios dan toko di area Sukaregang ini.

Pengunjung bisa memilih model yang diinginkan

Berbagai produk olahan berbahan dasar kulit, mulai dari sepatu, jaket, tas, sampai dompet, bisa dengan mudah ditemukan di area Sukaregang ini. Harga yang ditawarkan juga bervariatif. Tergantung ukuran, motif, serta warna yang digunakan dalam produk kulitnya. Di sentra kulit ini, Anda juga dapat memesan sesuai dengan model yang disukai.

Jangan takut dengan kulit yang tidak asli ata imitasi. Mayoritas para perajin yang berada di wilayah Sukaregang memakai kulit asli. Bahan dasar kulit tersebut didapatkan dengan mudah di wilayah Garut ini. Kulit domba, sapi, dan juga kerbau menjadi bahan yang paling sering dipakai para perajin Sukaregang.

Tiap-tiap jenis kulit dipakai untuk keperluan yang berbeda, disesuaikan dengan karakter disetiap jenis kulit. Kulit domba yang bertekstur lembut, misalnya, biasa dipakai sebagai bahan jaket. Sementara pada kulit sapi dan kerbau yang bertekstur lebih keras sering dipakai untuk membuat sepatu, tas, sampai ikat pinggang.

Terletak di daerah perkotaan membuat area Sukaregang ini sangat mudah dijangkau. Terlebih lagi, adanya gapura di depan jalan yang membuat para pengunjung dengan mudah mengenali kawasan ini.

Berbagai kerajianan di Sentra Industri Sukaregang

Kualitas produk-produk yang dihasilkan para perajin di daerah ini bisa disejajarkan dengan produk dari luar negeri. Bahkan, produk dari para perajin Sukaregang telah tersebar ke penjuru nusantara sampai ke mancanegara seperti Hongkong, Korea, dan Jepang.

Sesikit tips bagi anda yang ingin berbelanja aneka produk kulit di Sukaregang ini, jangan takut menanyakan jenis bahan yang dipakai. Beberapa para pedagang di area ini membuat produk dengan memakai bahan kulit imitasi yang kualitasnya mirip dengan kulit asli. Bahkan, anda pun bisa membuktikan keaslian bahan yang dipakai dengan membakar produk yang ingin dibeli. Bila produk tersebut tidak terbakar atau tidak meleleh, dapat dipastikan jika produk tersebut dibuat dari kulit asli. Hal ini lazim dilakukan oleh para pedagang di kawasan ini, jadi jangan takut untuk mencobanya.

Suka artikel berjudul Sentra Industri Kulit Sukaregang, Sentra Kerajinan Kulit di Garut, Yuk bagikan ke: