Timlo, Makanan Khas Solo Jawa Tengah

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Berkunjung ke Kota Solo, ada sebuah hidangan yang jangan sampai anda lewatkan, yaitu timlo. Melihat sekilas penampilannya, hidangan satu ini terlihat seperti sup karena mempunyai kuah yang bening. Terlebih, ketika mencicipinya, kuahnya terasa sangat segar. Menyantapnya saat masih dalam hangat, membuat sensasi rasa yang disajikan akan semakin nikmat. Bumbu kaldu ayam yang dicampur dengan pala, bawang putih, dan lada terasa sangat nikmat.

Timlo sendiri merupakan sebutan salah satu isi yang disajikan didalam hidangan ini. Sajian timlo biasanya akan terlihat seperti martabak telur yang dipotong-potong memanjang. Hanya saja, timlo sendiri berwarna lebih kecokelatan. Timlo dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan telur dan sagu. Di dalamnya, diberi suwiran daging ayam.

Timlo, Makanan Khas Kota Solo

Selain timlo, isi lain yang disajikan didalam panganan ini adalah hati ampela dan juga semur telur bebek. Makanan ini umumnya disajikan bersama sepiring nasi putih.

Di Kota Solo, tidak sulit untuk menemukan penjual timlo. Mereka tersebar di berbagai penjuru kota. Namun, satu tempat yang biasanya menjadi tujuan utama yaitu Pasar Gede. Disini, ada penjual timlo yang sudah terkenal kelezatannya, namanya adalah Timlo Sastro. Timlo Sastro sudah ada sejak tahun 1952.

Karena kuahnya yang begitu segar dan disajikan dalam kondisi hangat, timlo sangat cocok dinikmati sebagai menu makan malam hari, walau bisa juga dinikmati di saat-saat yang lain. Harga timlo sendiri berkisar dari Rp12.000 sampai Rp16.000.

No comments: