Waduk Darma, Waduk Buatan Belanda di Kuningan Jawa Barat



Di sebelah barat daya Kuningan, Provinsi Jawa Barat, ada sebuah waduk yang dikelilingi oleh bukit dan lembah dengan luas hingga mencapai 437 hektar. Tepatnya di Desa Jagara, Kecamatan Darma, lokasi dimana Waduk Darma ini berada yang menjadi penampungan air untuk sistem pengairan di kedua kabupaten, yaitu Cirebon dan Kuningan.
Dirintis oleh Belanda pada tahun 1922, Waduk Darma ini baru dilaksanakan pembangunannya pada tahun 1958. Pembangunan dari waduk ini baru selesai pada tahun 1962. Satu yang menarik, dalam proses pembangunannya, yaitu sebanyak delapan desa harus ditenggelamkan untuk memuluskan pembangunan waduk.

Sebagai waduk, pasokan air di Waduk Darma tak hanya mendapat suplai dari air hujan. Ada sungai-sungai yang menjadi penyuplai bagi persediaan air yang melimpah untuk waduk ini, seperti Sungai Cisalak dan Sungai Cinangka.

Suasana di Waduk Darma

Dengan kedalaman hingga mencapai 100 meter, waduk ini dipakai juga sebagai ladang perikanan, sistem irigasi sawah, dan juga kebutuhan air minum oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Waduk Darma juga mempunyai keunikan tersendiri. Di bagian tengah, terdapat sebuah pulau yang bernama Nusa Munjul Goong. Konon, nama Nusa Munjul Goong ini sendiri diambil dari suara yang sering terdengar dari pulau tersebut.

Dikelilingi oleh bukit dan lembah yang hijau serta tempatnya yang sangat sejuk, Waduk Darma ini menjadi salah satu destinasi wisata untuk masyarakat sekitar. Apalagi, ada perahu-perahu yang bisa digunakan untuk berkeliling waduk, sehingga bisa membuat perjalanan ke Waduk Darma menjadi berkesan.

Suka artikel berjudul Waduk Darma, Waduk Buatan Belanda di Kuningan Jawa Barat, Yuk bagikan ke: