Wisata Air Panas Ciater di Bandung Jawa Barat

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Lokasi wisata pemandian air panas Ciater terletak di lereng gunung Tangkuban Perahu, yaitu tepatnya di tepi Jalan Raya Subang. Wisata kebun strawberry serta dikelilingi perkebunan teh yang asri. Kesegaran udara gunung dan juga pemandangan indah di sekeliling pemandian air panas ini membuatnya cocok untuk tempat wisata outbound.

Letak pemandian air panas Ciater yang sangat strategis, membuat objek wisata satu ini cukup dikenal masyarakat, baik itu di wilayah Jakarta maupun Jawa Barat. Dari arah Jakarta melalui rute puncak, jarak tempuhnya sekitar 212 km ke arah tenggara dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 5 jam. Bila melewati tol cipularang (arah purwakarta) jaraknya sekitar 185 km dan bisa ditempuh dalam waktu 3 sampai 4 jam. Lokasi pemandian air panas ini juga cukup mudah diakses dengan menggunakan angkutan umum dari arah Bandung-Lembang yang banyak melintas.

Fasilitas yang tersedia disni juga terhitung lengkap, mulai dari kolam air panas, arung jeram, fasilitas olahraga, taman bermain anak, rumah makan serta penginapan berupa hotel, bungalow dan juga villa. Selain fasilitasnya yang lengkap, yang menjadi daya tarik bagi pengunjung adalah mata air panas yang terkadung disini mempunyai nilai tambah dari sisi kesehatan.

Suasana di Air Panas Ciater

Selain mengalir ke tempat wisata, air ini juga dialirkan melalui sungai sepanjang 2 km menuju ke sawah warga di wilayah yang lebih rendah. Ketika sudah sampai ke sawah warga, suhu air sudah menurun sampai mencapai rata-rata suhu normal. Menurut warga setempat, air dengan kandungan mineral yang sangat tinggi ini juga bermanfaat bagi tanaman di sawah mereka.

Selepas berkeliling dan juga bersantai sejenak di pemandian air panas, kita bisa menyempatkan diri untuk berwisata kuliner menikmati sajian khas, seperti gulai kelinci atau sate yang banyak tersedia di warung-warung di pinggir jalan raya Subang. Selain itu, untuk oleh-oleh kita bisa membeli nanas dan juga berbagai olahannya yang menjadi salah satu komoditi khas dari daerah Subang.

No comments: