Wisata Bukit Joko Tuwo di Karimunjawa Jawa Tengah

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Dari atas ketinggian sekitar 150 mdpl, dibukit ini akan tersaji pemandangan indah pulau-pulau yang terdapat di kawasan Karimunjawa seperti pemandangan Pulau Menjangan Kecil dan Besar. Sajian sang surya tenggelam di kala senja menjadi sajian penutup hari di bukit ini. Inilah Bukit Joko Tuwo, yaitu bukit di kawasan Karimunjawa dengan titik pemandangan alam yang sangat menawan.

Semilir angin sepoi-sepoi seperti menjadi teman setia saat para pengunjung menginjakan kaki di Bukit Joko Tuwo ini. Sejauh mata memandang akan tersaji pemandangan yang dapat membuat pandangan seperti dimanjakan oleh keindahan alam Karimunjawa. Seperti pemandangan kapal yang hilir mudik melintasi lautan di kawasan Karimunjawa ini.

Suasana di Bukit Joko Tuwo

Untuk bisa menginjakan kaki di Bukit Joko Tuwo, para pengunjung harus berjalan kaki. Jarak dari titik awal Alun-Alun kurang lebih 3 Km dengan jarak tempuh sekitar 15 menit. Jalur perjalanan yang menanjak dengan pepohonan yang rindang di sekelilingnya memberikan kesegaran serta kesejukan tersendiri selama perjalanan menuju ke Bukit Joko Tuwo. Dalam perjalanan menuju Bukit Joko Tuwo, para pengunjung akan melewati Flower Hill Karimunjawa yang dapat dijadikan tempat untuk beristirahat ketika lelah berjalan kaki.

Kerangka ikan paus

Selain sajian pemandangan, di Bukit Joko Tuwo ini kita juga dapat melihat tulang ikan paus yang mempunyai panjang sekitar 12 meter dan berada di sekitar perbukitan. Kerangka ikan paus ini oleh warga sekitar terkenal dengan sebutan Joko Tuwo. Sekilas, jika dilihat kerangka ini mirip dengan kayu pahatan buatan manusia, akan tetapi kerangka ini merupakan asli kerangka ikan paus. Para pengunjung juga bisa melihat tasbih berukuran raksasa yang mempunyai berat sekitar 1 ton. Hingga kini warga di sekitar Karimun Jawa masih memperbincangkan tentang keberadaan tasbih yang terbuat dari bebatuan alam ini.

No comments: