Wisata Curug 7 Bidadari di Semarang Jawa Tengah

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Curug yang satu ini mempunyai nama yang unik yaitu Curug 7 Bidadari. Nama ini tidak sembarang diberikan kepada curug yang berada di Desa Keseneng, Sumowono, Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Area di sekitar destinasi wisata yang satu ini memang berbeda dari air terjun pada umumnya, dikarenakan di sini ada 7 (tujuh) air terjun dengan ukuran yang berbeda-beda.

Untuk sampai menuju air terjun ini, para pengunjung harus melalui jalan berliku-liku melalui kawasan perbukitan serta di kelilingi hutan. Letaknya yang berada di kaki Gunung Ungaran menjadikan perjalanan ke air terjun ini membutuhkan sedikit perjuangan menaklukan medan yang sangat berat. Pemandangan hijaunya pepohonan dan sejuknya udara menjadi teman setia ketika perjalanan menuju ke Curug Bidadari ini.

Suasana di Curug 7 Bidadari

Begitu menginjakan kaki di Curug 7 Bidadari, para pengunjung akan disajikan dengan pemandangan air terjun yang airnya jernih. Kesegaran air terjun membuat para pengunjung ingin segera menceburkan diri ke air terjun yang bersumberkan dari mata air Gunung Ungaran ini. Curug 7 Bidadari mempunyai 3 (tiga) tingkatan dengan 7 curug dan 7 kolam yang terbentuk secara alami. Ketujuh curug ini mempunyai tingkatan yang berbeda-beda, seperti pada air terjun tingkat 1 ke tingkat 2 yang mempunyai jarak sekitar 6 meter, sementara dari air terjun tingkat 2 ke tingkat 3 mempunyai jarak ketinggian 7 meter.

Curug ini dipercaya masyarakat sejak zaman nenek moyang berada di Komplek Kedung Wali. Konon, di curug ini ada kedung atau cekungan yang mempunya diameter sekitar 70 cm. Menariknya cekungan yang mempunyai bentuk bulat ini ada sumber air yang tidak pernah surut sepanjang tahun. Masyarakat setempat mempercayai air dalam cekungan ini mempunyai khasiat salah satunya bisa membuat awet muda.

Curug 7 Bidadari pertama kali ditemukan serta diperkenalkan sebagai objek wisata pada bulan Febuari 2010. Perlahan-lahan destinasi wisata ini dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat serta dikelola oleh masyarakat sadar wisata di Dusun Keseneng, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Saat ini Curug 7 Bidadari sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung untuk para pengunjung yang ingin lebih lama berada di curug ini seperti penginapan.

No comments: