Wisata Curung Ciputri di Kuningan Jawa Barat



Sebelah barat kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, ada sebuah air terjun yang cantik dan airnya yang jernih bagaikan kristal. Air Terjun Ciputri namanya atau yang biasa disebut masyarakat sekitar dengan sebutan Curug Ciputri.

Berjarak 9 km atau bisa ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota, Curug Ciputri ini berada di ketinggian 1.100 mdpl. Hal inilah yang membuat suasana di sekitar curug ini begitu sejuk. Belum lagi aliran airnya yang langsung mengalir dari Gunung Ceremai, menambah keasyikan tersendiri ketika bermain air di area curug yang terletak di Dusun Palutungan, Kecamatan Cigugur ini.

Air jernihnya yang mengalir membuat siapa saja yang berkunjung kesini seakan-akan tergoda untuk menikmati kesegaran yang ditawarkan. Kolam yang terbentuk dibagian bawah juga bisa dinikmati sambil berenang. Tak usah khawatir dengan kedalaman, kolam disini hanya setinggi 1 meter dan sangat aman untuk coba dirasakan.

Pepohonan yang hijau, menjadi dekorasi cantik di sekeliling curug ini. Suara riak air yang jatuh menjadi simfoni yang sangat pas untuk menenangkan pikiran yang lelah. Karena itu, para putri kahyangan sangat senang sekali bermain dan juga mandi di Curug Ciputri ini.

Suasana di Curung Ciputri

Cerita masyarakat sekitar, nama Ciputri ini sendiri konon diberikan karena banyaknya putri kahyangan yang turun ke bumi untuk merasakan kesegaran curug ini. Kata Ci sendiri adalah penggunaan dari kata Cai dari bahasa Sunda yang artinya air.

Konon mitos yang menyebar di kalangan penduduk setempat, bila terlihat pelangi di curug ini, maka bersamaan dengan itulah para putri kahyangan berada di Curug Ciputri.

Mengunjungi Curug Ciputri serasa menjadi tempat yang pas untuk melepas kepenatan. Hanya dengan berjalan sejauh 300 meter dari gerbang utama, Anda akan menemukan curug cantik yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai lokasi putri kahyangan untuk menyegarkan tubuh.

Suka artikel berjudul Wisata Curung Ciputri di Kuningan Jawa Barat, Yuk bagikan ke: