Wisata Pantai Anyer di Banten



Daerah pesisir pantai utara Provinsi Banten dianugerahi dengan pantai-pantainya yang sangat menawan. Garis pantainya yang panjang dan ombaknya yang aman membuat destinasi wisata di kawasan ini sudah ramai dan begitu dikenal sejak tahun 80-an. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Anyer.

Pantai Anyer yang berjarak sekitar 120 km atau memakan waktu hinga 3 jam dari Ibu Kota Jakarta. Sedangkan dari Kota Serang, pantai ini hanya berjarak sekitar 38 km.

Kawasan Anyer sebenarnya adalah kota pantai yang sudah menjadi incaran Belanda pada saat zaman penjajahan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Mercusuar Cikoneng yang sudah berdiri sejak tahun 1885. Kota ini juga menjadi penghubung titik 0 (nol) jalan raya pos yang dibangun pada abad ke 19 oleh Belanda. Pada saat itu jalan Anyer-Panarukan adalah jalan yang menembus ujung Jawa bagian barat sampai timur Pulau Jawa.

Terlepas dari itu Anyer mempunyai pantai-pantai yang mempesona. Pantai Anyer menjadi pantai yang paling sering dikunjungi para wisatawan. Pasirnya yang putih kehitaman serta memanjang, menjadikan pantai ini idola masyarakat Provinsi Banten dan sekitarnya.

Suasana di Pantai Anyer

Pantai di sini tidak mempunyai karang dan bebatuan lainnya, sehingga sangat aman untuk dijadikan arena bermain. Hembusan angin yang sejuk dan gulungan ombak yang relatif pelan menjadikan para pengunjung nyaman bermain di pinggir pantai ini. Tidak sedikit juga para wisatawan yang menggelar tikar di atas pasir sekedar untuk duduk santai menikmati Pantai ini.

Pantai Anyer juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti penginapan-penginapan yang memadai. Mulai dari kelas yang berbintang sampai kelas melati dapat menjadi pilihan para pengunjung di sepanjang Jalan Raya Anyer.

Satu yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Pantai Anyer. Momen sang surya tenggelam atau menyaksikan anak Gunung Krakatau yang sudah melegenda menjadi keharusan ketika berwisata di Pantai Anyer.

Suka artikel berjudul Wisata Pantai Anyer di Banten, Yuk bagikan ke: