Wisata Pantai Pasir Putih Cihara di Banten

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Banten identik dengan wisata Cagar Alam Ujung Kulon yang mulai perlahan-lahan mendunia. Daya tarik binatang badak bercula satu yang dilindungi, membuat area wisata ini menjadi begitu sangat diminati. Ditambah lagi dengan adanya pulau-pulau eksotis disekitarnya seperti Pulau Panaitan dan Pulau Peucang, membuat kawasan ini sangat digemari oleh para pecinta dunia wisata di seluruh dunia.

Namun kawasan yang terletak di provinsi yang sangat terkenal dengan kesenian debusnya ini tak hanya terpaku di wilayah ujung baratnya saja, pada bagian pesisir, yaitu tepatnya di wilayah selatan ada pantai-pantai yang sangat menawan untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih yang berada di Daerah Cihara, Kabupaten Lebak.

Mengunjungi Pantai Pasir Putih yang berada di Kampung Sukahuja, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Wilayahnya yang belum mempunyai akses transportasi yang memadai menjadikan pantai ini sedikit sulit untuk dijangkau. Tak hanya itu saja, kawasan ini juga tidak mempunyai fasilitas penginapan. Di sini hanya ada warung dan tempat bersantai yang terbuat dari kayu dan bambu.

Meskipun terlihat sederhana dan belum dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, anda tidak perlu khawatir dengan sajian alam yang ditawarkan oleh Pantai Pasir Putih. Pantai ini mempunyai karakteristik yang berbeda pada setiap sisi kanan dan kirinya.

Suasana di Pantai Pasir Putih Cihara

Pada bagian sisi kanan pantai ini, hempasan ombak besar dari Laut Selatan Jawa yang berbenturan dengan karang dan batu cadas menjadi daya pikat tersendiri dan menarik untuk dinikmati. Terkadang sekali-sekali pengunjung bisa menyaksikan percikan ombak yang melambung tinggi sampai mencapai 3 meter.

Berbeda dengan bagian kanan, pada sisi kiri Pantai Pasir Putih dihiasi oleh hamparan pasir yang bewarna putih kecoklatan. Di area ini juga menjadi lokasi yang pas untuk pengunjung bermain-main dengan ombak dan air laut. Meskipun terdapat karang-karang disekitarnya, tetapi hempasan ombak di bagian kiri pantai tidak berbahaya bagi para pengunjung.

Pantai Pasir Putih atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pantai Pasput ini belum mempunyai penginapan untuk para wisatawan. Disarankan bagi para pejalan kaki yang ingin sekali menikmati dua sisi berbeda Pantai Pasir Putih dapat menginap di Kota Malingping yang hanya berjarak 20 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Meskipun belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, soal kebersihan dan juga kenyamanan, pantai ini sangat terjaga dan terawat. Hal tersebut dikarenakan kesadaran masyarakat sekitar yang menjaga kelestarian alam yang ditawarkan Pantai Pasir Putih.

No comments: