Wisata Pemandian Air Panas Maribaya di Bandung Jawa Barat



Pemandian air panas Maribaya dahulunya adalah sebuah cerita legenda, dimana tinggal seorang petani miskin yang bernama Eyang Raksa Dinata di sekitar Lembang, di Bandung Selatan. Eyang Raksa Dinata memiliki seorang anak perempuan yang sangat cantik, yang bernama Maribaya. Para pemuda desa terpesona dengan kecantikannya, bahkan Maribaya pun sering menjadi penyebab perkelahian para pemuda yang berusaha untuk merebut hatinya.

Maribaya sendiri terletak di ketinggian lebih dari 1000 meter dengan luas lebih dari 5,5 ha. Tempat ini sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata bersama keluarga. Selain udara yang sejuk, tempat ini juga mempunyai beberapa fasilitas andalan, seperti tempat pemandian air panas bersuhu antara 20 sampai 40 derajat celcius. Dikarenakan mengandung belerang, air panas ini cenderung berwarna kecoklat-coklatan, tetapi jangan salah, air ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam macam penyakit kulit.

Suasana di Pemandian Air Panas Maribaya

Maribaya yang berada sekitar 27 km dari pusat Kota Bandung ini juga menyediakan tempat pemandian yang bersifat privasi untuk para pengunjung yang merasa tidak nyaman berendam bersama dengan banyak orang. Kamar-kamar khusus dibuat lalu dialiri air panas ke dalam kolam yang ada di kamar tersebut, sehingga privasi para pengunjung lebih terjaga. Selain manawarkan pemandian air panas, di Maribaya juga ada 2 (dua) sungai, yakni sungai Cigulung dan sungai Cikawari. Dari kedua sungai tersebut terbentuk 3 (tiga) curug, yaitu Curug Cigulung, Curug Cikawari, dan Curug Cikoleang.

Dengan harga tiket masuk yang cenderung terjangkau, para pengunjung bisa menikmati kesejukan dan keasrian alam khas dari pegunungan sekaligus menikmati pemandian air panas. Maribaya ternyata memanglah secantik legendanya, tidak salah bila orang beramai-ramai ingin menjamahnya.

Suka artikel berjudul Wisata Pemandian Air Panas Maribaya di Bandung Jawa Barat, Yuk bagikan ke: