Wisata Pemandian Cibulan di Kuningan Jawa Barat



Berenang merupakan aktivitias yang sangat menyenangkan. Tetapi bagaimana jadinya jika berenang tersebut dilakukan bersama dengan ikan-ikan yang dikeramatkan. Tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan sekaligus mengasyikan.

Inilah yang dapat kita temukan di objek wisata pemandian Cibulan yang terletak di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Tidak hanya berenang, para pengunjung juga akan mengenal ikan dewa yang dianggap keramat ini secara lebih dekat.

Pemandian Cibulan mempunyai 2 kolam utama. Masing-masing kolam mempunyai kedalaman yang berbeda. Kolam pertama mempunyai kedalaman 2 meter, dan kolam kedua hanya mempunyai kedalaman sekitar 60 cm sampai 120 cm. Kedua kolam ini diisi oleh ikan dewa atau ikan yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar.

Ikan Dewa

Ikan dewa ini merupakan ikan berjenis Kancra Bodas atau yang dalam bahasa latinnya adalah Cyprinus Carpico. Ikan ini dianggap sakral oleh masyarakat setempat dikarenakan dilingkupi oleh sebuah mitos.

Mitos tersebut bermula pada saat Prabu Sliliwangi, yaitu raja dari Kerajaan Padjajaran, murka kepada para pengikutnya yang membangkang dan juga tidak mengikuti arahannya. Amarahnya pun berlanjut dengan mengutuk semua para prajuritnya yang membangkang menjadi seekor ikan.

Bahkan, sampai saat ini ikan-ikan bekas prajurit Prabu Siliwangi tersebut bersemayam di Pemandian Cibulan. Menariknya lagi, masyarakat percaya pada saat air kolam pemandian dikuras, ikan-ikan dewa tersebut sejenak akan menghilang dengan sendirinya. Kemudian akan muncul kembali dengan jumlahnya yang masih sama ketika kolam sudah kembali terisi.

Ikan dewa mempunyai warna yang hitam dengan ukuran panjang mulai dari 60 cm sampai 1 meter. Namun anda tidak perlu takut dengan keberadaannya ketika berenang di dalam kolam. Ikan dewa terkenal sangat ramah kepada para pengunjung. Jika anda membawa makanan berupa roti atau kacang, ikan ini akan senantiasa mendekati sambil mengambil makanan yang diberikan.

Suasana di Pemandian Cibulan

Air yang bersih dan juga jernih membuat Pemandian Cibulan ini sangat diminati oleh masyarakat sekitar dan luar kota. Bahkan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sendiri menjadikan air Cibulan ini sebagai sumber mata air.

Pemandian Cibulan diresmikan oleh oleh Bupati Kuningan yang pada saat itu adalah R.A.A. Mohamand Achmad pada tanggal 27 Agustus 1939. Sampai saat ini Pemandian Cibulan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Suka artikel berjudul Wisata Pemandian Cibulan di Kuningan Jawa Barat, Yuk bagikan ke: