Wisata Pulo Manuk di Desa Sawarna Banten

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Pulo Manuk terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Provinsi Banten. Pulau yang terpisah sekitar 1 kilometer dari daratan ini menyajikan pemandangan burung-burung yang sedang singgah mencari makan.

Setiap pagi atau sore hari, menjadi waktu yang biasa dipakai burung-burung untuk mencari makan. Jika sedang musim migrasi tiba, Pulo Manuk juga dipakai hewan bersayap ini untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Burung Camar adalah burung yang paling sering terlihat di pulau ini.

Nama Pulo Manuk ini sendiri di ambil dari bahasa Sunda yang artinya Pulau Burung. Selain menjadi tempat singgah, masyarakat disini mempercayai bahwa bentuk pulau tersebut menyerupai paruh burung yang bengkok pada bagian ujungnya.

Suasana di Pulo Manuk

Daya tarik di Pulo Manuk ini tidak hanya sebatas satwa burung saja. Ombak besar khas dari laut Jawa Selatan juga menjadi sajian yang begitu memikat. Gempuran yang berupa gulungan ombak yang besar dan mengempas mengenai karang menjadi daya pikat lainnya di Pulo Manuk.

Selain itu, para pengunjung juga dapat melakukan aktivitas memancing di pulau ini. Memancing menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan di sini, apalagi jika air sedang surut, para pengunjung dapat berjalan kaki menuju Pulo Manuk yang letaknya terpisah.

No comments: