Wisata Sungai Citumang di Pangandaran Jawa Barat

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Sungai Citumang mengalir di pedalaman hutan daerah Cijulang, Pangandaran. Perpaduan hijaunya pepohonan dengan air sungai yang tenang menjadikan sungai ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Hiasan batu karst yang menghiasi pada sisi sungai menjadi sebuah dekorasi yang mempercantik Sungai Citumang.

Sungai Citumang ini terletak di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis. Dengan luas hingga mencapai 6,6 hektare dan suhu mencapai 25 sampai 28 c, udara di kawasan ini terasa sangat sejuk.

Nama "Citumang" yang dipakai pada sungai ini berarti aliran hulu sungai yang berasal dari gua. Aliran tersebut kemudian membentuk curug (air terjun). Di balik curug tersebut, ada sebuah gua yang cukup luas dan letaknya berada persis di bawah permukaan sungai.

Suasana di Sungai Citumang

"Citumang" diambil dikarenakan aliran airnya berada tepat di atas gua atau biasa disebut numpang. Sedangkan, kata "ci" diambil dari kata "cai" yang artinya air. Hanya saja, masyarakat sekitar lebih suka menyebutnya dengan sebutan Sungai Citumang dibandingkan dengan Sungai Citumpang.

Jernihnya air Sungai Citumang dengan perpaduan warna hijau dan kebiruan dapat menggoda Anda untuk menceburkan diri serta merasakan kesegaran air sungai ini. Aliran sungai yang tenang dan juga rindangnya pepohonan seperti menyatu bersama sungai bisa membuat Anda sedikit hanyut didalam suasana penuh kedamaian.

No comments: