Wisata Telaga Pengilon di Dieng Jawa Tengah



Terletak bersebelahan dengan Telaga Warna, ada sebuah telaga yang juga mempunyai arti tersendiri bagi masyarakat Dataran Tinggi Dieng. Masyarakat di sekitar memberikan nama pengilon pada telaga ini. Walaupun terletak berdekatan, bahkan pada salah satu sisi juga terlihat hampir menyatu, kedua telaga yang terbentuk dikarenakan letusan Gunung Prahu Tua ini mempunyai beberapa perbedaan.

Perbedaan pertama ada pada warna permukaan air. Jika pada Telaga Warna terkenal dikarenakan pemukaan airnya yang berwarna-warni, pada air di Telaga Pengilon akan terlihat berwarna cokelat bila dilihat dari kejauhan. Namun berjalanlah mendekat, akan diketahui bahwa warna cokelat tersebut merupakan warna lumpur di bagian dasar telaga, sementara air telaga sangat jernih.

Perbedaan kedua ada pada kandungan belerang. Jika pada air di Telaga Warna mempunyai kandungan belerang yang sangat tinggi, pada air di Telaga Pengilon tidak mengandung belerang, kalaupun ada, hanya dalam tingkat yang sangat rendah. Karenanya, masyarakat sekitar sering memakai air dari telaga ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Suasana di Telaga Pengilon

Selain itu, masyarakat sekitar mempunyai beberapa kepercayaan terkait dengan Telaga Pengilon. Didalam bahasa Jawa, kata “pengilon” artinya berkaca. Hal tersebut karena air di telaga ini sangat jernih, sehingga saat menatap ke permukaan telaga, bisa terlihat bagian dasarnya. Nama “pengilon” yang disematkan pada telaga ini juga dikaitkan dengan kepercayaan yang beredar di masyarakat. Bila ada orang yang mempunyai niat jahat, maka bayangannya di permukaan air ini akan terlihat buruk. Namun sebaliknya, jika ada orang yang mempunyai niat baik, maka bayangannya di permukaan air ini akan terlihat indah.

Kondisi air di telaga ini pun mempunyai arti bagi masyarakat sekitar. Jika air di telaga ini menjadi keruh, maka masyarakat sekitar percaya jika akan ada wabah penyakit yang akan menyerang.

Telaga Pengilon terletak di dalam Taman Wisata Alam Telaga Warna. Di area seluas 39,6 hektare ini, ada 2 (dua) telaga dan sebuah kompleks pertapaan. Kawasan ini dibuka dari jam 06.00 WIB hingga jam 18.00 WIB, dengan tiket masuk seharga Rp6.000.

Suka artikel berjudul Wisata Telaga Pengilon di Dieng Jawa Tengah, Yuk bagikan ke: