Arca, Seni Patung Media Pemujaan



Arca merupakan seni patung yang berguna sebagai media pemujaan. Berbeda dengan patung pada umumnya yang berguna sebagai hiburan bersifat profran, arca mempunyai nilai-nilai religius dikarenakan merupakan media pemujaan didalam perwujudan para dewa atau Tuhan. Didalam sistem religi, ada 3 (tiga) jenis arca, yakni arca Hindu, arca Buddha, dan juga arca Katolik.

Dalam kepercayaan Buddha arca disebut juga dengan Murti, perwujudan sosok yang dianggap memiliki ciri-ciri ketuhanan yang dianggap suci. Pada naskah Pancaratra, terdapat keterangan pemujaan terhadap Murti merupakan kewajiban terutama dimasa Dwapara Yuga. Arca yang dipuja pada kepercayaan Buddha yakni arca berwujud Buddha Gautama yang biasa disebut dengan "Budharupa".

Murti juga merupakan sebutan arca pada kepercayaan agama Hindu. Berbeda dengan Buddha, dalam Hindu, Murti ini layak dipuja karena didalamnya bersemayam roh kudus. Murti juga dianggap sebagai tempat memberi sesaji, memohon kepada Tuhan dan memberikan persembahan. Dalam kepercayaan Hindu, terdapat 3 (tiga) jenis arca, yakni arca Istadewata, arca Kuladewata, dan juga arca Garbadewata.

Arca Istadewata yakni arca yang dipunyai secara pribadi sehingga dapat dibawa ke mana saja. Arca Kuladewata yakni arca yang dipunyai oleh keluarga, biasanya arca jenis ini diletakkan di bagian depan rumah. Berbeda dengan arca Garbadewata yang dipunyai oleh orang banyak, arca ini biasanya berukuran lebih besar dari kedua jenis arca sebelumnya serta diletakkan di tempat ibadah umat Hindu (Pura).

Didalam kepercayaan Hindu-Buddha, ada berbagai tokoh atau dewa yang diwujudkan didalam sebuah arca. Dewa-dewa tersebut diantaranya adalah Whisnu, Brahma, Shiwa, Agastya, Ganesha, Laksmi, Durga, Saraswati. Sementara didalam kepercayaan Katholik, arca diwujudkan dalam bentuk Yesus ataupun dalam bentuk Bunda Maria.

Arca lebih dari sekadar benda seni. Selain detailnya yang menawan, oleh sebagian orang dipercaya ada ruh kudus yang bersemayam didalam arca. Selain itu, arca juga melambangkan adanya kekayaan budaya Indonesia yang beragam yang belum tentu dipunyai oleh bangsa lain.

Saat ini koleksi arca bisa kita jumpai tidak hanya didalam tempat peribadatan saja, tetapi juga di museum-museum yang ada di berbagai daerah di Indonesia.
Suka artikel berjudul Arca, Seni Patung Media Pemujaan, Yuk bagikan ke: