Bendungan Jagir, Bendungan Peninggalan Belanda di Surabaya



Berjalan-jalan ke Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, khususnya di kawasan Kota Surabaya Lama kita seperti akan dibawa menyusuri kenangan akan masa dimana Para penjajahan Belanda masih berjaya di Indonesia. Bangunan-bangunan bergaya artdeco ini masih menghiasi kota yang perlahan-lahan mulai penuh dengan kendaraan. Sepanjang Jalan Jagir di bantaran sungai, terlihat jelas sederetan penjual yang menjajakan alat pancing. Hal itu bukan tanpa sebab, pasalnya di Sungai Jagir selalu menjadi spot memancing bagi masyarakat sekitar, dari tempat tersebut juga ada bangunan Dam peninggalan dari Belanda yang dikenal dengan nama "Bendungan Jagir'.

Penjajahan tidak selamanya meninggalkan hal keburukan, Bendungan Jagir ini salah satunya. Bangunan artdeco peninggalan Belanda ini merupakan salah satu diantara banyak bangunan dengan arsitektur seni bergaya artdeco yang ada di Kota Surabaya. Berada di tengah Kota Surabaya, yaitu tepatnya di antara Jalan Jagir dan Jalan Wonokromo, Bendungan Jagir ini menjadi salah satu objek wisata yang ada di Kota Surabaya.

Suasana di Bendungan Jagir

Pada plang yang terpampang di sekitar Bendungan Jagir ada informasi yang mengatakan, Sungai Jagir tempat berdirinya Bendungan Jagir ini merupakan tempat berlabuhnya pasukan Tar-Tar dari Mongolia yang ingin menyerang Kediri. Dibalik kisah sejarahnya yang panjang, mengingat bendungan ini telah dibangun sejak 1923, tetapi fungsi Bendungan Jagir masih sempurna sampai saat ini. Selain digunakan sebagai penampung air ketika musim hujan tiba, Bendungan Jagir ini juga menjadi tempat penyulingan air bersih sehingga dapat digunakan oleh masyarakat yang tinggal disekitar bendungan.

Dalam usianya yang semakin tua, Bendungan Jagir ini pernah mengalami beberapa kali renovasi. Meskipun demikian, bentuk arsitekturnya selalu dipertahankan seperti awal berdirinya. Untuk melindungi Bendungan Jagir ini sebagai bangunan bersejarah peninggalan Belanda, pihak pemerintah Kota Surabaya juga sudah meningkatkan status bendungan ini sebagai bangunan cagar budaya. Dengan peningkatan status itu, diharapkan masyarakat bersama dengan pemerintah turut menjaga dan melestarikan Bendungan Jagir, dikarenakan selain indah, bendungan ini juga memiliki banyak manfaat bagi masyarakat disekitar.

Suka artikel berjudul Bendungan Jagir, Bendungan Peninggalan Belanda di Surabaya, Yuk bagikan ke: