Bubur Madura, Makanan Khas Madura Jawa Timur



Bubur merupakan salah satu kuliner asli Indonesia yang lahir dari kebudayaan agraris orang Indonesia. Dengan bahan-bahan utama seperti beras atau tepung yang banyak dihasilkan dari tanah Indonesia, menjadikan bubur mengalami perkembangan dan inovasi, baik itu dari bahan yang digunakan, cara pembuatannya, maupun dari segi cara pengolahan. Bahkan, setiap daerah di Indonesia mempunyai hidangan bubur dengan ciri dan cita rasa khas yang mewakili di setiap daerahnya masing-masing, termasuk bubur Madura salah satunya.

Bubur Madura sendri merupakan bubur dengan cita rasa manis yang berisikan campuran beberapa bubur seperti, bubur sumsum, bubur candil, bubur ketan item, dan bubur mutiara. Bubur lalu diberi siraman santan dan gula merah cair. Mengingat bubur Madura ini merupakan perpaduan dari beberapa bubur, maka cara membuat sajian bubur ini membutuhkan banyak bahan utama, seperti tepung beras, beras ketan item, ubi, dan juga tepung mutiara.

Bubur Madura

Tepung beras menjadi salah satu bahan yang dipakai untuk membuat bubur sumsum. Hal yang pertama dilakukan ketika membuat tepung beras adalah dengan memasak santan, kemudian masukkan garam secukupnya beserta dengan daun pandan. Sambil terus diaduk, masukan tepung beras secara perlahan-lahan. Ketika tekstur bubur sudah mulai mengental dan ada letupan-letupan, maka bubur sumsum telah siap untuk disajikan.

Sementara itu bubur candil terbuat dari campuran tepung beras dan ubi yang telah direbus. Adonan candil dibentuk bulat dengan ukuran sesuai yang diinginkan. Untuk menambah cita rasa manis, biasanya bubur candil akan dicampur dengan cairan gula merah.

Hal serupa juga dilakukan dibahan utama beras ketan item dan juga tepung mutiara, sehingga menjadi bubur ketan item dan bubur mutiara. Sesudah semua jenis bubur selesai dibuat, lalu disajikan ke dalam satu hidangan. Bubur Madura ini akan lebih nikmat dimakan dengan tambahan siraman santan dan juga gula merah cair.

Bubur Madura banyak dijumpai diberbagai jalan Kota Madura, bahkan para penjual bubur Madura juga mudah ditemukan dibeberapa kawasan di Provinsi Jawa Timur. Terdiri dari berbagai macam bubur, bubur Madura ini menjadi sajian lengkap yang menggugah selera. Dengan harga yang terjangkau, bubur Madura dapat menjadi pengganjal perut disaat lapar melanda, atau sekadar menjadi teman setia ketika santai bersama keluarga dan sahabat tercinta.

Suka artikel berjudul Bubur Madura, Makanan Khas Madura Jawa Timur, Yuk bagikan ke: