Garang Asem, Makanan Khas Jawa Tengah

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Jika anda sedang berkunjung ke Semarang dan melewati Jalan Gajah Mada, maka akan menemukan restoran yang menyajikan kuliner khas Provinsi Jawa Tengah yang sudah mulai jarang ditemukan. Garang Asem namanya, olahan ayam berkuah santan yang dimasak memakai daun pisang serta didominasi oleh rasa asam dan pedas.

Meskipun penampilan kuliner ini kurang sedap untuk dipandang mata, namun rasa gurihnya tidak dapat dibohongi. Apalagi kalau dijadikan sebagai lauk pendamping nasi, ditambah lagi dengan tusukan ayam asam manis, gorengan perkedel, dan tempe.

Hampir seluruh bumbu dari masakan ini memakai rempah-rempah asli Indonesia, ditambah lagi potongan cabai dan belimbing sayur sebagai sumber rasa asam. Biasanya ayam yang dipakai dalam kuliner Garang Asem ini adalah ayam kampung, karena ayam kampung terasa lebih lembut dan empuk dibandingkan dengan ayam lainnya.

Konon katanya kuliner Garang Asem ini adalah sajian bagi orang-orang berada, hal itu dikarenakan harga ayam kampung yang masih sangat mahal. Hanya orang-orang berada saat itulah yang dapat mempunyai kesempatan untuk membeli ayam kampung.

Isi Garang Asem

Meskipun tekstur dari kuliner ini terlihat sangat sederhana, namun ternyata banyak juga orang yang gagal didalam membuatnya. Alih-alih ingin membuat Garang Asem, eh jadinya malah membuat opor.

Harga satu porsi Garang Asam ini relatif lebih mahal dibandingkan harga menu masakan biasa. Namun sebanding dengan sensasi rasa yang diberikan oleh Garang Asam. Penasaran seperti apa rasanya, silahkan untuk mencoba kuliner yang satu ini.

No comments: