Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) di Jakarta



Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) merupakan salah satu bangunan tua peninggalan bersejarah dari pemerintahan Belanda yang sampai saat ini masih berdiri kokoh. Pada awalnya, gedung yang dibangun Belanda pada tahun 1821 ini diperuntukan untuk pementasan-pementasan kesenian serta diberi nama Schouwburg. 

Pada perkembangannya, Gedung yang berada di Jalan Gedung Kesenian No.1 Jakarta Pusat ini memang sering menyelenggarakan berbagai pertunjukan-pertunjukan kesenian, baik itu theater, musik, tari dari para seniman ternama baik itu dari Indonesia maupun dari berbagai penjuru di dunia.

Suasana di Gedung Kesenian Jakarta

Sebagai tempat pertunjukan seni, Gedung Kesenian Jakarta mempunyai fasilitas yang bagus dan memadai, diantaranya ruang pertunjukan yang berukuran 24 X 17,5 meter dengan kapasitas penonton sekitar 475 orang. Gedung yang berada berdekatan dengan Pasar Baru ini juga mempunyai panggung berukuran 10,75 X 14 X17 meter, kamera (CCTV) disetiap ruangan, TV Monitor, peralatan tata cahaya, ruang foyer berukuran 5,80 X 24 meter.

Sekarang ini Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dibawah tanggung jawab dari Dinas Pariwisata Pemprov DKI.

Suka artikel berjudul Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) di Jakarta, Yuk bagikan ke: