Kembang Goyang, Makanan Khas Betawi



Mungkin anda sudah jarang menemukan kue kering khas Betawi yang satu ini. Namanya kue kembang goyang. Ketika hari raya Idul Fitri, kue satu ini menjadi suguhan khas warga Betawi saat menyambut tamu yang datang bersilaturahmi. Belakangan ini, popularitas dari kue kembang goyang memang menurun, seiring dengansemakin banyaknya jenis kue yang muncul.

Kue kembang goyang merupakan jajanan kuno yang sampai saat ini masih digemari masyarakat. Nama kembang goyang yang disematkan pada kue ini berasal dari bentuknya yang menyerupai sebuah kelopak kembang dan proses membuatnya digoyang-goyang sampai adonan terlepas dari cetakan.

Kembang Goyang

Kue satu ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ataupun tepung ketan. Seiring dengan perkembangan, kue ini kemudian mengalami penambahan varian rasa. Beberapa tetes essens frambozen, essens pandan, dan juga biji wijen sebagai variasi rasa sampai penambahan warna membuat penampilan kembang goyang terlihat begitu sangat menarik. Sebagai kue yang dihidangkan di toples bening, kembang goyang ini sangat cantik bila ditata dengan apik.

Suka artikel berjudul Kembang Goyang, Makanan Khas Betawi, Yuk bagikan ke: