Klenteng Hong Tiek Hian, Klenteng Tertua di Surabaya Jawa Timur



Inilah klenteng tertua di Surabaya, Jawa Timur. Klenteng ini konon dibangun oleh Pasukan Tar-Tar pada zaman Khu Bilai Khan di awal Kerajaan Majapahit berdiri. Berdiri Kokoh di kawasan Pecinan Surabaya, Inilah Klenteng Hong Tiek Hian, yaitu klenteng yang sudah berdiri ratusan tahun lamanya.

Klenteng Hong Tiek Hian ini berada di Jalan Dukuh, Surabaya Utara. Lokasi dari klenteng ini tidak jauh ke arah timur dari kawasan legendaris di Surabaya, yaitu Jembatan Merah. Letaknya yang berada di Jalan Dukuh membuat masyarakat disekitar mengenal klenteng ini dengan sebutan "Klenteng Dukuh".

Suasana di Klenteng Hong Tiek Hian

Begitu sampai di Klenteng Hong Tiek Hian, pengunjung akan melihat 2 (dua) buah bangunan utama yang terpisah oleh seruas gang. Kedua bangunan ini di jembatani oleh sebuah jembatan yang dijaga 2 (dua) ekor naga. Di lantai 1 bangunan ada Altar Macko dan Kong Co. Sementara, di lantai 2 ada Altar untuk Buddha, Dewi Kwan Im dan juga beberapa dewi-dewi lainnya.

Pada hari-hari besar warga Tionghoa seperti pada saat Imlek, Klenteng Hong Tiek Hian ini akan ramai dikunjungi warga penganut Khong Hu Chu untuk beribadah. Selain itu, di klenteng ini juga sering dijadikan sebagai sarana dalam pertunjukan wayang Potehi yang menarik perhatian warga sekitar klenteng.

Klenteng ini juga ramai dikunjungi para wisatawan setiap harinya. Bukan hanya wisatawan yang ingin beribadah, namun di klenteng ini juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari luar kota pahlawan. Daya tarik sebagai klenteng tertua yang ada di Surabaya ini menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Suka artikel berjudul Klenteng Hong Tiek Hian, Klenteng Tertua di Surabaya Jawa Timur, Yuk bagikan ke: