Klenteng Sanggar Agung di Surabaya Jawa Timur

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Konon di klenteng satu ini Dewi Kwan Im pernah memperlihatkan sosoknya. Lokasinya yang terletak di kawasan pantai menjadikan klenteng ini mempunyai daya tarik tersendiri. Inilah Klenteng Sanggar Agung, yaitu salah satu klenteng yang wajib untuk anda kunjungi jika berada di Surabaya, Jawa Timur.

Klenteng ini diresmikan pada tahun 1999 serta berdiri diatas lahan seluas sekitar 4.000 meter persegi. Klenteng yang mempunyai nama lain Hong Tang Sang ini justru tidak banyak memperlihatkan arsitektur khas tiongkok.

Satu yang unik dari klenteng ini, yaitu letaknya yang berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran. Sajian hutan bakau dan pemandangan pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi klenteng yang beralamat di Jalan Sukolilo No 100, Surabaya Timur, ini.

Suasana di Klenteng Sanggar Agung ini

Begitu memasuki gerbang Klenteng Sanggar Agung ini, para pengunjung akan disambut dengan Sang Dewi Kwan Im, yang didampingi 2 (dua) patung Sha Nan dan Tong Nu serta dijaga oleh patung naga meliuk pada bagian bawah. Selain patung Dewi Kwan Im, para pengunjung juga bisa melihat Stupa Maha Brahma yang masih berada didalam area kelenteng.

Klenteng ini biasanya akan ramai dikunjungi disaat hari raya Imlek. Banyak warga dari Tionghoa yang tinggal di Surabaya yang merayakan tahun baru di area klenteng ini. Tidak hanya warga Tionghoa, belakangan klenteng ini juga menjadi salah satu destinasi pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing.

No comments: