Krengsengan, Makanan Khas Surabaya Jawa Timur



Kuliner yang satu ini mungkin belumlah begitu akrab ditelinga kita. Sebagai salah satu makanan khas Provinsi Jawa Timur, namanya kalah pamor dari rujak cingur, lontong balap, maupun rawon.

Namun soal rasa, makanan yang sekilas mirip dengan semur ini tidak kalah nikmatnya dengan ketiga makanan diatas. Inilah krengsengan, makanan khas Surabaya yang berbahan dasar daging kambing.

Daging kambing dalam krengsengan biasanya dipotong kecil-kecil dan diberi aneka bumbu yang terdiri dari tumisan bawang putih, ketumbar, merica, bawang merah, dan pala. Semua bumbu tersebut kemudian dihaluskan dan ditambahkan kecap ketika memasaknya. Proses memasak krengsengan biasanya tidak terlalu banyak kuah supaya kuahnya berwarna cokelat tua.

Krengsengan

Krengsengan mempunyai rasa yang enak. Perpaduan sedikit manis dan tekstur daging yang empuk menjadikan kuliner khas satu ini begitu nikmat ketika kita mencicipinya. Tak hanya daging, biasanya krengsengan juga dicampur dengan jeroan kambing.

Krengsengan umumnya dijual bersamaan dengan sate kambing dan tongseng. Untuk dapat menemukan makanan ini tidaklah sulit, di Surabaya terdapat beberapa warung pinggir jalan yang menyajikan kuliner khas dari kota Pahlawan ini. Dengan harga antara Rp15.000 sampai Rp25.000 kita sudah dapat menikmati semangkuk krengsengan lengkap dengan nasi putih.

Suka artikel berjudul Krengsengan, Makanan Khas Surabaya Jawa Timur, Yuk bagikan ke: