Kue Bagiak, Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur



Selain mempunyai pantai dan air terjun yang eksotis, Kabupaten Banyuwangi juga masih menyimpan salah satu pesona yakni pada aneka jenis kulinernya. Banyak kuliner khas dari kawasan di Taman Nasional Alas Purwo ini berada, salah satunya yaitu makanan kue bagiak.

Bagiak sendiri merupakan salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Banyuwangi berupa kue kering dengan bentuk panjang dan lonjong berbahan dasar tepung sagu dicampur dengan kelapa parut dan beberapa bumbu lainnya. Kue ini mempunyai tekstur yang sedikit keras saat digigit tetapi begitu masuk ke mulut kita, kue ini akan menjadi lembut. Perpaduan rasa yang manis dan juga sedikit gurih menjadikan kue bagiak sangat cocok menjadi teman untuk bersantai.

Kue Bagiak

Selain di Kabupaten Banyuwangi, kue bagiak sebenarnya juga dapat kita temukan di Maluku. Tetapi, ada sedikit perbedaan antara keduanya, yaitu bagiak khas Kabupateb Banyuwangi ini teksturnya sedikit lebih lembut dan tidak sekeras bagiak yang berasal dari Maluku.

Kue bagiak mempunyai beberapa varian rasa, yaitu rasa jahe, rasa kacang, rasa susu dan rasa kayu manis. Semua pilihan rasa dapat dipilih sesuai selera. Makanan ini menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi. Harganya yang relatif terjangkau antara Rp20.000 sampai Rp25.000 membuat para pengunjung biasanya membeli kue bagiak ini dalam jumlah yang banyak untuk kerabat di rumah.

Suka artikel berjudul Kue Bagiak, Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur, Yuk bagikan ke: