Kue Cucur, Makanan Khas Betawi



Bagi Anda yang tinggal di Kota Jakarta dan sekitarnya pastinya pernah merasakan kue yang satu ini. Iya, kue cucur namanya, kue berbentuk pipih berwarna kecoklatan ini menjadi salah satu kue khas dari betawi yang digemari oleh masyarakat yang tinggal di kawasan Jabodetabek ini.

Kue yang banyak ditemui di pasar tradisional ini mempunyai bentuk yang tebal dibagian tengahnya. Sementara pada bagian-bagian pinggirnya lebih kering dan mempunyai tekstur gurih, manis dan juga renyah. Uniknya, terkadang pinggiran kue ini dibuat sedikit gosong supaya terasa lebih renyah.

Kue cucur ini terbuat dari bahan utama tepung beras. Sementara warna coklat yang dihasilkan pada kue cucur ini berasal dari gula merah. Gula merah ini juga yang membuat kue ini terasa begitu manis dan mempunyai tekstur sedikit berserat.

Kue Cucur

Bagi para penikmat kue, cucur ini menjadi salah satu kue yang mempunyai penggemar setia. Para penggemar kue ini biasanya mencari kue ini sampai ke daerah-daerah pinggiran Jakarta. Salah satu tempat yang menjual kue ini yaitu di sekitar Kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur. Disini kita bisa menjumpai deretan pedagang kue cucur yang menjajakan dagangannya dipinggir jalan. Harga kue ini juga relatif terjangkau, yaitu Rp1.000 per buah.

Kue cucur menjadi cemilan yang cocok untuk dinikmati ketika santai bersama keluarga. Dengan ditemani secangkir teh hangat, kue ini sangat cocok menjadi sajian di waktu santai Anda, apalagi jika disajikan saat dalam keadaan panas, akan menambah nikmat menyantap kue yang sekilas bentuknya mirip sekali dengan kue ape ini.
Suka artikel berjudul Kue Cucur, Makanan Khas Betawi, Yuk bagikan ke: