Kue Lupis, Makanan Khas Betawi



Selain kue cucur dan juga roti buaya, Betawi juga mempunyai satu kue yang menjadi jajanan pasar yang banyak diminati warga yang tinggal di Kota Jakarta. Kue lupis namanya, kue ini terbuat dari beras ketan yang dibuat tanpa memakai bahan pengawet.

Kue lupis umumnya dinikmati dengan siraman gula aren. Rasa manis dari siraman gula aren berpadu dengan kenyalnya tekstur kue lupis menjadi perpaduan yang nikmat ketika kita mencicipinya. Kue yang sekilas mirip dengan lamang ini sangat cocok dinikmati ketika pagi hari dan ditemani dengan secangkir teh hangat ataupun kopi.

Cara membuat kue lupis ini terlihat sederhana. Beras ketan yang telah dicuci bersih lalu direndam dan digarami. Setelah direndam, barulah dikukus. Sesudah dikukus, kemudian dicampur dengan sagu, diaron, dan dibentuk dengan cara digulung memakai daun pisang. Setelah siap, terakhir barulah direbus kurang lebih 5 jam.

Kue Lupis

Sebelum dinikmati, kue lupis yang telah jadi harus dipotong terlebih dahulu dengan setiap potongannya sama besar. Sebagai pelengkap, lupis disiram dengan gula jawa cair serta parutan kelapa yang telah dikukus.

Biasanya kue lupis ini dijual dengan harga Rp.3000 per-potong. Bila anda ingin menikmatinya bersama keluarga di rumah, Anda dapat membeli kue lupis ini per-lonjor yang dijual dengan harga sekitar Rp.17.500. Per-lonjor kue lupis dapat menjadi 12 potong serta siap disajikan sebagai makanan yang pas untuk bersantai.

Suka artikel berjudul Kue Lupis, Makanan Khas Betawi, Yuk bagikan ke: