Lemper Pengkang, Makanan Khas Siantan Kalimantan Barat



Kuliner yang satu ini, sangat pas jika dimakan ketika masih hangat. Rasa gurihnya ketan berpadu aroma udang, merasuk disetiap gigitan kuliner bernama lemper pengkang ini. Lemper pengkang biasa disajikan dengan sambal kepah dan sambal pedas. Rasa manis berpadu dengan pedasnya sambal sangat menggugah selera. Walaupun mempunyai ukuran yang relatif kecil, tetapi kuliner khas Pontianak ini cukup dapat membuat kenyang perut anda.

Lemper pengkang sendiri berasal dari Desa Peniti, Kecamatan Siantan, atau lebih tepatnya berada di Jalan Raya Pontianak-Singkawang. Tidak seperti halnya lemper pada umumnya, bentuk lemper pengkang mempunyai bentuk yang unik, yaitu berbentuk kerucut dan diikat dengan 2 (dua) bilah potongan bambu.

Cara penyajiannya pun juga cukup unik. Lemper pengkang ini dimasak dengan cara dibakar. Sesudah dua potong lemper pengkang dibakar, lalu disajikan dengan sambal merah dan juga sambal kepah. Kedua sambal yang disajikan ini mempunyai rasa yang berbeda, sambal merah memiliki rasa yang cukup pedas, sedangkan sambal kepah terasa lebih manis. Sambal kepah ini sendiri terbuat dari kerang yang biasa hidup di hutan mangrove yang banyak ada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Kepah tersebut diolah dengan cara direbus sampai matang dan dicampur sambal dengan rasa yang manis.

Lemper Pengkang

Lemper pengkang ini terbuat dari bahan utama beras ketan yang sudah dimasak dengan santan. Sesudah itu diisi ebi kering (udang kecil yang disangrai) lalu dibungkus daun pisang yang dibentuk kerucut. Sesudah dibentuk kerucut, lemper kemudian dijepit sebilah bambu yang dipotong kecil-kecil dan juga dipasang dengan cara menjepit kedua sisi lemper serta diujungnya diikat. Setelah diikat, kemudian diolesi dengan sedikit minyak dan juga dibakar diatas bara tempurung kelapa, sehingga akan menghasilkan aroma yang khas.

Bagi Anda yang sangat menyukai lemper, jangan lewatkan untuk mencicipi lemper pengkang khas dari Siantan, Provinsi Kalimantan Barat ini. Harganya pun relatif terjangkau, hanya dengan Rp15.000 Anda sudah bisa menikmati lemper pengkang. Jika anda ingin mencoba menikmati lemper ini dengan sambal kepah, maka anda tinggal menambah Rp20.000 untuk sajian sambal khas satu ini. Selain nikmat disantap ketika masih hangat di tempat penjual lemper, kuliner ini dapat juga dijadikan bekal perjalanan anda selama berkeliling di Provinsi Kalimantan Barat.

Suka artikel berjudul Lemper Pengkang, Makanan Khas Siantan Kalimantan Barat, Yuk bagikan ke: