Little Netherland, Kota Lama di Semarang Jawa Tengah

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Tidak harus jauh-jauh ke Belanda untuk dapat menikmati suasana arsitektur dan bangunan kuno khas dari negeri kincir angin itu. Pasalnya, di kawasan Kota Tua Semarang mempunyai deretan bangunan tua peninggalan dari Belanda. Di masa pendudukan Belanda, kawasan yang biasa disebut dengan Little Netherland ini difungsikan sebagai pusat pemerintahan dari Kota Semarang.

Gereja Bleduk

Salah satu bangunan yang wajib dikunjungi ketika anda berada di Kota Tua Semarang adalah Gereja Blenduk. Di Gereja ini pada awalnya bernama Nederlandsch Indische Kerk dan usianya telah lebih dari dua setengah abad. Nama Blenduk ini tercipta dikarenakan masyarakat sekitar kesulitan dalam melafalkan nama asli gereja tersebut. Masyarakat lebih suka menyebutnya Gereja Blenduk dikarenakan atapnya yang menyerupai kubah berwarna merah.

Di seberang bangunan gereja, ada bangunan tua yang saat ini digunakan sebagai kantor asuransi Jiwasraya. Di sebelah barat bangunan, ada restoran Ikan Bakar Cianjur. Bagi anda para pecinta kuliner, tempat ini sangat cocok guna menikmati ikan bakar sambil berwisata.

Stasiun Tawang

Selain itu, ada Stasiun Tawang yang saat ini masih dioperasikan serta menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke Semarang. Di bagian depan bangunan stasiun yang berarsitektur khas Belanda tersebut ada Polder Air Tawang, yang saat ini masih berfungsi sebagai penampungan air serta pusat pengendalian banjir sebelum air dibuang ke laut.

Terakhir yaitu jembatan Berok. Jembatan ini merupakan pintu gerbang untuk menuju ke kawasan Kota Tua Semarang. Sama halnya dengan Gereja Blenduk, nama Berok ini juga merupakan kesalahan dalam penyebutan kata Burg, yang masih dipakai sampai saat ini. Sederet bangunan lainnya yang turut meramaikan suasana di Little Netherland adalah Gedung Samudera Indonesia, Kantor Pos Indonesia, Gedung Marba, Gedung Djakarta Lloyd, dan Titik Nol KM Semarang.

No comments: