Lontong Kupang, Makanan Khas Surabaya Jawa Timur



Provinsi Jawa Timur selama ini dikenal sebagai salah satu kawasan yang mempunyai aneka jenis kuliner. Beberapa kuliner yang terkenal nikmat dari kawasan ini diantaranya adalah rujak cingur, lontong balap, dan rawon. Selain nama-nama diatas, ada satu kuliner khas dari kota Pahlawan yang tidak kalah sedapnya, yaitu lontong kupang.

Lontong kupang sendiri merupakan sajian irisan lontong yang disiram dengan kuah yang sudah diberi bumbu bawang putih, cabe dan juga bumbu khas masakan di Surabaya, yaitu petis. Setelah disiram kuah, lontong akan kembali disiram kupang yang sudah direbus matang beserta dengan kuahnya. Untuk menggugah selera makan anda, diatas kupang ditaburi bawang goreng.

Bahan utama dari sajian yang banyak dijumpai di daerah Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan ini adalah kupang putih atau dalam nama latin Corbula faba H. Kupang sendiri merupakan hewan laut sejenis kerang kecil, ukurannya hanyalah sebesar antara biji beras dan biji kedelai. Kupang biasanya dapat ditemui di daerah-daerah pinggir pantai atau di lumpur berair asin salah satunya ada di Madura.

Sebelum disajikan, kupang terlebih dahulu dikupas dan juga dimasak. Setelah masak, barulah kupang tersebut ditambahkan ke dalam lontong dan lentho, lalu diberi kuah petis dan juga sedikit perasan jeruk nipis.

Lontong Kupang

Kupang sendiri mempunyai beberapa kandungan yang baik untuk tubuh manusia, diantaranya adalah Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng). Zat besi diperlukan untuk tubuh dalam pembentukan sel-sel darah merah. Sedangkan pada Zinc merupakan komponen penting beberapa enzim untuk sistem metabolisme didalam tubuh. Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Untuk anda yang penasaran seperti apa nikmatnya lontong kupang, kuliner ini dapat di temui di warung-warung makan yang ada di Surabaya, Jawa Timur. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk dapat menikmati satu mangkuk lontong kupang. Hanya cukup mengeluarkan uang Rp17.000, anda sudah dapat menikmati enaknya lontong kupang dengan segelas air kelapa segar.

Suka artikel berjudul Lontong Kupang, Makanan Khas Surabaya Jawa Timur, Yuk bagikan ke: