Menara Kudus, Bangunan Akulturasi Budaya di Kudus Jawa Tengah

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Jika sedang berkunjung ke Kota Kudus, Provinsi Jawa Tengah, rasanya anda tidak boleh melewatkan tempat yang satu ini, Menara Kudus namanya. Menara yang sering disebut dengan Masjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar ini dibangun oleh salah satu walisanga, yaitu Sunan Kudus pada sekitar tahun 1549 Masehi.

Berada di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kudus, Provinsi Jawa Tengah, menara ini mempunyai bentuk yang unik. Sekilas jika diperhatikan, menara di masjid ini tidak seperti menara pada umumnya karena mempunyai bangunan yang seperti candi.

Gaya arsitektur candi pada Menara Kudus ini menyerupai candi-candi yang ada di Provinsi Jawa Timur, salah satunya adalah seperti Candi Jago di Kota Malang. Selain itu, bangunan masjid ini juga menyerupai sebuah Menara Kukul di Bali.

Menara yang mempunyai ketinggian 17 meter serta luas sekitar 100 meter persegi ini menjadi simbol akulturasi diantara kebudayaan Hindu, Jawa, dengan Islam. Menara Kudus ini merupakan bangunan yang bernilai arkeologis dan juga historis tinggi.

Suasana di Menara Kudus

Menurut cerita, Sunan Kudus membangun Menara Kudus dengan cara menggosok-gosokkan batu bata yang satu dengan lainnya, sehingga menjadi lengket. Pada bagian ujung menara, yang beratap 2 (dua) lapis dengan konstruksi kayu jati ini ditopang 4 (empat) saka guru.

Selain itu, ada juga mustaka (kubah) mirip atap tumpang pada masjid-masjid tradisional di Pulau Jawa. Fungsi dari menara ini adalah untuk tempat mengumandangkan adzan.

Menara Kudus saat ini menjadi objek wisata ziarah yang banyak dikunjungi para wisatawan yang datang dari wilayah Indonesia terutama dihari-hari tertentu seperti setiap tanggal 10 Muharram atau Syuro.

Selain berziarah, para pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas dari Kota Kretek ini, seperti soto Kudus yang banyak dijual di sekitar menara. Bagi para pengunjung yang suka berburu oleh-oleh, di bagian sebelah kanan-kiri menara ada warung-warung yang menjual makanan khas dari Kota Kudus seperti jenang dan intip, makanan sejenis rengginang khas Kudus.

No comments: