Mengenal Rumah Adat Betawi Dan Penjelasannya


Mengenal Rumah Adat Betawi Dan Penjelasannya

Saat ini, sepertinya sangat sulit untuk menemukan rumah tradisional Betawi di Provinsi Jakarta. Kecuali, bila anda berkunjung ke perkampungan Betawi Setu Babakan, Jagakarta, Kota Jakarta Selatan. Di kawasan yang menjadi cagar budaya Betawi ini, Anda bisa melihat Rumah Betawi yang kondisinya sangat terawat dengan baik.

Seperti rumah-rumah tradisional lainnya yang ada di Indonesia, bentuk dari Rumah Betawi ini menyerupai rumah panggung. Paling tidak, terlihat dari lantai rumahnya yang dibuat lebih tinggi dari pada tanah.

Jika dilihat sekilas, bentuk dari pintu serta jendela yang ada pada rumah tradisional ini memperlihatkan adanya pengaruh arsitektur dari Eropa, Cina, dan juga Arab.

Rumah Tradisional Betawi
Rumah Tradisional Betawi

Pada awalnya, struktur Rumah Betawi ini memakai rangka dari kayu atau bambu. Namun seiring perkembangan zaman, sekarang ini Rumah Betawi banyak dibangun dengan dinding dari semen. Begitu juga dengan bagian lantai rumah. Dahulu, alas Rumah Betawi ini berupa tanah, namun kemudian memakai plester semen, tegel, ataupun keramik.

Tata ruang Rumah Betawi juga mengalami perubahan. Layaknya seperti rumah modern, Rumah Betawi juga memiliki ruang publik, ruang privat, dan juga area servis. Di Rumah Betawi, ruang publik terletak di teras depan atau biasa disebut dengan amben, ruang pribadi terletak di tengah yang di dalamnya ada kamar atau biasa disebut dengan pangkeng, sementara area servis adalah dapur atau yang biasa disebut dengan srondoyan.

Suka artikel berjudul Mengenal Rumah Adat Betawi Dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: