Museum Istiqlal di Taman Mini Indonesa Indah (TMII)



Pengaruh Islam didalam kebudayaan Indonesia sudah berlangsung sejak beberapa abad yang lalu. Proses akulturasi antara nilai-nilai keislaman yang masuk melalui jalur perdagangan dari Gujarat dengan unsur-unsur kebudayaan lokal menghasilkan karakter yang khas dikebudayaan masyarakat muslim di Indonesia.

Kombinasi antara kedua entitas budaya yang berbeda ini, disamping juga unsur-unsur kebudayaan Hindu-Buddha yang masuk sebelumnya serta kebudayaan barat yang masuk di-era kolonial, menghasilkan keragaman budaya yang sangat kaya.

Seiring dengan waktu, kekayaan budaya ini mengalami pasang surut, sehingga berbagai upaya pelestarian dibutuhkan supaya tidak ditelan zaman. Hal tersebutlah yang mendasari munculnya gagasan pendirian dari Museum Istiqlal di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Museum yang berdiri bersebelahan dengan Museum Bayt Al-Qur'an ini sejak awal dicita-citakan guna merepresentasikan kekayaan karya seni budaya Indonesia bernapaskan agama Islam.

Suasana di Museum Istiqlal

Keragaman suku membuat peninggalan budaya agama Islam di setiap daerah di Indonesia masing-masing mempunyai warna tersendiri. Hal itu terlihat dari banyaknya koleksi benda peninggalan dari berbagai daerah di Indonesia yang ditampilkan di museum ini. Benda-benda peninggalan yang terdiri dari karya arsitektur, manuskrip, hiasan, busana, beraneka jenis kerajinan tangan,senjata, dan karya seni kaligrafi diharapkan bisa membuka mata masyarakat awam akan kekayaan budaya agama Islam yang dimiliki Indonesia.

Diantara koleksi museum ini antara lain arsip foto arsitektur masjid-masjid diberbagai pelosok tanah air. Disamping itu, ditampilkan juga beraneka jenis pakaian tradisional yang mencerminkan pengaruh keislaman yang sangat kuat, seperti busana tradisional Aceh, aneka tenun songket dari beberapa daerah di Pulau Sumatera, dan aneka motif tekstil baik itu tradisional maupun kontemporer. Terdapat juga beberapa naskah kuno berbahasa arab, berbagai guci tanah liat, dan juga replika batu nisan yang menjadi bukti awal eksistensi dari keberadaan masyarakat Islam di Indonesia.

Suka artikel berjudul Museum Istiqlal di Taman Mini Indonesa Indah (TMII), Yuk bagikan ke: